HEADLINE

Latest Post
Loading...

08 August 2017

PBAK Hapuskan Sistem Militerisme Dalam Penyambutan Mahasiswa Baru Tahun 2017


www.lpmalkalam.com- Lhokseumawe, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe menyambut mahasiswa baru dengan serangkaian acara Pengenalan Budaya akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). kegiatan ini berlangsung di gedung auditorium, selasa (8/8). PBAK pada tahun ini diikuti oleh sebanyak 989 mahasiswa baru yang terdiri dari empat Fakultas diantaranya 166 mahasiswa FakultaSyari'ah (FASYA), 448 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), 138 mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) dan 237 mahasiswa FakultaEkonomi dan BisniIslam (FEBI).

Acara pengenalan akademik dan kemahasiswaan merupakan agenda rutin yang diadakan tiap tahun untuk seluruh kampus yang berada diIndonesia dengan tujuan memperkenalkan budaya akademik kampus. Namun, sebelum alih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) kegiatan serupa ini dinamakan Orientasi Pengenalan Akademik Kampus (OPAK).

Saat ditemui oleh jurnalis Al-Kalam, Kafrawi, MA selaku ketua panitia  menyampaikan bahwa kegiatan kali ini dibuat agak sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Beliau menyebut OPAK lebih dikenal dengan sistem militer dimana para senior berkuasa sehingga para mahasiswa baru kurang terarah, oleh karena itu PBAK hadir dengan membawa paradigma baru yaitu kegiatan yang memperkenalkan budaya akademik mahasiswa  yang dikenal dengan budaya belajar dengan didominasikan oleh kinerja para dosen dan beberapa perwakilan Mahasiswa senior hanya ikut membantu, katanya.

Rektor IAIN Lhokseumawe Dr. Hafifuddin mengungkapkan  Nilai akademis lebih di utamakan jika ada sesuatu yang kurang dari pada masa masa lalu oleh forum tentang akademisi, untuk sarjana tingkat satu belum ada nilai akademisnya, sarjana tingkat dua baru ada nilai akademis nya pada strata satu, strata tiga tidak memiliki nilai akademisnya kecuali pada strata satu, pada saat masuk awal perkuliahan menuju strata satu.

"Saya berharap kepada seluruh calon calon mahasiswa baru agar langsung memahami dengan nilai akademisnya kemudian mereka hidup dalam kegiatan dengan akademis. Kemudian perguruan tinggi dianggap sebagai agent of change, agent perubahan, karena untuk dua puluh tahun kedepan nya masa depan bangsa dan dunia terletak pada mahasiswa sekarang", tutup Dr. Hafifuddin.   

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari. Perkenalan selama satu hari mulai dari perkenalan dunia akademik kampus juga tentang kemahasiswaan, kemudian memperkenalkan seluruh Organisasi mahasiswa kampus dan esok harinya (Rabu, 9/8) PBAK akan dilaksanakan di Fakultas masing- masing agar para mahasiswa mampu untuk lebih mengenal seluk-beluk lebih dalam tentang jurusan yang sudah mereka pilih. (Msr)


banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.