HEADLINE

Latest Post
Loading...

01 December 2016

Prodi Bahasa Indonesia gunakan Basis KKNI dalam pembelajaran


Al-Kalam-Alue Awe- Program Studi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) menyelenggarakan kegiatan Workshop Kurikulum di Aula Biro IAIN Malikussaleh, Rabu (5/11/2016).  

"Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari 5 dan 8 Oktober 2016 diikuti oleh 40 orang , berasal dari mahasiswa prodi bahasa indonesia berjumlah 20 orang, Dosen berjumlah 10 orang dan Guru-guru SMA dan MA yang berada di ruang lingkup Lhokseumawe – Aceh Utara. Acara ini diisi oleh Buk Dr. Hindun, M.Pd dari UIN Syarif Hidayatullah ,  Novi Diana, S.Pd, M.Pd, dan M. Iqbal  M.Pd dari Dosen Bahasa Indonesia IAIN Malikussaleh". Ujar Ka.Prodi TBIN , Novi Diana, S.Pd, M.Pd kepada Pers AL-Kalam. 
Novi Diana, S.Pd, M.Pd ( Ka. Prodi Bahasa Indonesia )

"Acara ini bertemakan Kurikulum Prodi Bahasa Indonesia Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia ( KKNI) . Dimana Basis ini mahasiswa dituntut Mampu Mengeplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi, menguasai kondep teoritis dan mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data", Tanbahnya.  

Menurut salah satu peserta Workshop, Nurul Wahyuni, mengatakan pembelajaran Bahasa Indonesia itu akan menjadi menyenangkan jika menekankan kurikulum pada kebermaknaan dalam proses belajar mengajar di kelas dengan mengaitkan manfaat materi belajar dalam  kehidupan peserta didik pada umumnya.

“Dalam hal ini, akan dirasakan oleh peserta didik bahwa apa yang dipelajari oleh peserta didik di kelas  benar- benar bermakna atau bermanfaat kelak dikemudian hari. Pembelajaran bahasa akan menarik dan bervariasi jika materi dapat dilakukan dengan materi pembelajaran lain atau nilai-nilai yang ada dalam kehidupan nyata” Tanbahnya.(Mh)  
banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.