HEADLINE

Latest Post
Loading...

01 August 2019

Mahasiswa IAIN Lhokseumawe Amati Hilal Awal Dzulhijjah

Mahasiswa/i IAIN Lhokseumawe sedang mengobsevasi hilal menggunakan teleskop yang disediakan di lokasi pengamatan.
doc : Ist
www.lpmalkalam.com. Lhokseumawe, mahasiswa-mahasiswi yang ada di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe mengamati hilal awal bulan Dzulhijjah di bukit Pole komplek perumahan pertagas Arun Lhokseumawe, kamis 01/08/2019.

Para mahasiswa-mahasiswi yang notabene berasal dari jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe tersebut mengamati hilal menggunakan 2 unit teleskop yang disediakan di lokasi rukyat.

Tgk Ismail kepada media mengatakan bahwa Hilal awal bulan Dzulhijjah ini tidak dapat diamati dikarenakan cuaca yang mendung disertai dengan gerimis, dan awan tebal yang menyelimuti di sekitar posisi hilal yang sedang diamati. Karena ketinggian hilal sendiri sudah mencapai kriteria imkanur ru'yah yang ditetapkan oleh Kemenag RI maka dapat dipastikan bahwa sudah masuk tanggal 1 Dzulhijjah 1440 H. Untuk Idul adha sendiri pemerintah melalui Kemenag RI sudah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1440 Hijriah, jatuh pada Minggu (11/8/2019) yang akan datang.

Sebelumnya hilal sendiri berada pada ketinggian 3° 35' 45,8" di atas ufuk mar'iy yang menurut Kemenag RI sendiri sudah Imkanur Ru`yah hal tersebut sebagaimana yang disepakati pada  Musyawarah Menteri-menteri Agama Brunai, Indonesia, Malaysia, dan Singapura  (MABIMS) yang mengatakan bahwa tinggi hilal minimum 2 derajat, jarak bulan dari matahari minimum 3 derajat, dan umur bulan (dihitung sejak saat ijtima’) pada saat matahari terbenam minimum adalah 8 jam.

Maulidin salah satu mahasiswa yang ikut serta dalam rukyat tersebut mengatakan bahwa hilal tidak dapat terlihat dikarenakan cuaca yang sedang mendung ditambah dengan awan tebal yang menyelimuti hilal. Alhamdulillah kami dapat ikut serta dalam rukyatul hilal kali ini walaupun hilal nya tidak bisa diamati karena cuaca yang mendung di tambah dengan awan tebal. Semoga di rukyat awal bulan hijriah berikutnya hilal dapat teramati, tuturnya.

Rukyatul Hilal awal bulan Dzulhijjah yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama (Kemenag) Lhokseumawe ini diikuti oleh Kemenag Aceh Utara, MPU Aceh Utara, MPU Lhokseumawe, Himpunan Mahasiswa Jurusan Astronomi Islam (HIMASTROIS) IAIN Lhokseumawe dan Lembaga Kajian Ilmu Falak  (LKIF) IAIN Lhokseumawe.

Sumber : Rilis
Editor   : Redaksi
banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.