HEADLINE

Latest Post
Loading...

06 July 2022

Workshop Ilmu Falak Berbasis IT Bekali Mahasiswa Sesuai Tuntunan Zaman

Foto: Dahlia Suryani Siregar/lpmalkalam.com

www.lpmalkalam.comProdi Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe menggelar Workshop Ilmu Falak Berbasis IT dengan mengusung tema “Learn The Sky Through The Technology” yang bertempat di lantai III Aula Fakultas Syariah selama dua hari, yakni pada Senin dan Selasa, 04 - 05 Juli 2022.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Syariah, Muhammad Syahrial Razali Ibrahim, Lc., M.A., Ph.D. serta turut mengundang Wakil Dekan I Fakultas Syariah (Dr. Munadi, M.A), Wakil Dekan III Fakultas Syariah (Kafrawi, S.Ag., M.A), dosen-dosen Ilmu Falak, dan diikuti oleh 63 peserta yang merupakan mahasiswa/i IAIN Lhokseumawe.

Dalam Workshop kali ini, Prodi Ilmu Falak menghadirkan pemateri hebat penulis 33 judul buku dari Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU), yakni Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar (Dosen Fakultas Agama Islam UMSU dan Kepala OIF UMSU) dengan membawakan materi berjudul “Instrumentasi Astronomi Peradaban Islam.” Penyampaian materi dipandu oleh Muhammad Fauzi, S.H. (Alumni Ilmu Falak angkatan 2017) selaku moderator.

Dalam pemaparannya, pemateri menyampaikan bahwa sudah menjadi kewajiban Mahasiswa Ilmu Falak dan orang-orang yang bergelut di bidang tersebut untuk menggali kembali informasi terkait ratusan Instrumen Astronomi Islam yang telah tenggelam termakan oleh zaman.

“Terkhusus bagi mahasiswa Ilmu Falak yang berada di Aceh, banyak manuskrip-manuskrip dari Aceh yang menyimpan jawaban dari sejarah Astronomi Islam,” ujarnya.

Foto: Dahlia Suryani Siregar/lpmalkalam.com

Para peserta dengan antusias menyimak pembahasan materi yang disampaikan oleh Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar terkait sejarah instrumen-instrumen astronomi yang pernah hadir dalam peradaban Islam. Tiga orang penanya tercepat juga mendapatkan hadiah dari panitia.

Kegiatan workshop tersebut resmi ditutup pada hari Selasa, 5 Juli 2022 di tempat yang sama, diisi dengan beberapa ungkapan kesan dan pesan baik dari perwakilan peserta, dosen Ilmu Falak, dan pemateri. Acara kemudian ditutup dengan pembacaan do’a dan sesi foto bersama. 


Reporter: Alwaqiah Khairina

Editor: Redaksi


banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.