HEADLINE

Latest Post
Loading...

16 March 2023

Gelar Simulasi Pengamatan Gerhana, Prodi Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe Sosialisasikan Gerhana pada Masyarakat

Foto: Dahlia Suryani Siregar/lpmalkalam.com

www.lpmalkalam.com - Prodi Ilmu Falak sukses laksanakan kegiatan Simulasi Pengamatan Gerhana bagi siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, yang dilaksanakan di aula Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe pada Kamis, (16/03/2023).

Kegiatan ini diikuti lebih kurang oleh 50 peserta, yang mana 40 orang berasal siswa dan 10 orang guru pendamping. Beberapa sekolah yang diundang untuk mengirimkan delegasi pada kegiatan ini diantaranya MAN Lhokseumawe, SMAN 1 Syamtalira Bayu, SMAN 1 Lhokseumawe, SMAN 1 Kuta Makmur, MAS Ulumuddin dan SMA PIM.

Adapun pemateri dalam Simulasi Gerhana ini ialah Kasi Bidang Urusan Agama Islam (URAIS) Kementerian Agama Provinsi Aceh, Alfirdaus Putra, S.H., M.A yang juga merupakan Ahli Falakiyah Kemenag Aceh.

Foto: Dahlia Suryani Siregar/lpmalkalam.com

Dr. Tgk. Ismail, S.Sy., M.A selaku Ketua Jurusan Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe sekaligus Ketua Panitia dalam laporannya menyebutkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai sosialisasi awal bagi seluruh masyarakat Aceh agar dapat memahami terkait persoalan gerhana.

"Karena di Jurusan Ilmu Falak melihat setiap peristiwa gerhana terjadi, masih minimnya respon dari kita untuk melaksanakan shalat gerhana," ungkapnya.

Karena fenomena itulah pihak Jurusan Ilmu Falak berupaya untuk membenahi pemahaman masyarakat sedikit demi sedikit. Kegiatan ini juga dilakukan menjelang terjadinya gerhana matahari Hibrid di Bulan Ramadhan nantinya.

"Ini juga merupakan langkah awal untuk memperkenalkan sains agama untuk kita semua," lanjutnya.

Melalui kegiatan simulasi ini juga diharapkan dapat mensosialisasikan gerhana kepada masyarakat sekitar dengan lebih maksimal.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, Muhammad Syahrial Razali Ibrahim, P.hD dan dihadiri pula oleh para dosen Jurusan Ilmu Falak.


Reporter: Dahlia Suryani Siregar

Editor: Redaksi


 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.