HEADLINE

Latest Post
Loading...

29 October 2023

Menikmati Puncak Gerhana Bulan Sebagian di Akhir Oktober

Foto: Ilustrasi gerhana bulan/pexels.com
www.lpmalkalam.com - Dini hari, 29 oktober 2023 akan menjadi saksi bagi para penikmat langit malam karena langit memperlihatkan pesona gerhana bulan purnama yang berada di fase sebagian tersembunyi. Fenomena ini terjadi ketika bulan masuk sebagian ke dalam bayangan bumi, yang akan memperlihatkan efek misterius dan istimewa.

Hari Jumat 27 oktober 2023 lalu, Kemenag telah memprediksikan tanggal 29 oktober 2023, bertepatan dengan 14 Rabiul Awal 1445 H akan terjadi gerhana bulan sebagian. BMKG juga memberitahukan durasi gerhana dari fase gerhana mulai (p1) hingga gerhana berakhir (p4) adalah 4 jam 28 menit 10 detik yang bisa diamati dari Indonesia pada pukul 03:53 WIB, 04:53 WITA, 05:53 WIT.

Gerhana bulan adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Gerhana bulan sebagian atau persial terjadi saat posisi bulan, matahari, dan bumi sejajar. Hal ini membuat sebagian piringan bulan masuk ke umbra bumi yang mengakibatkan saat puncak gerhana terjadi bulan akan terlihat berwarna gelap sedikit kemerahan. 

Dalam media masa Tik Tok maupun Instragram ramai membahas gerhana bulan sebagian yang terjadi dini hari 29 Oktober 2023.

Topik tersebut salah satunya diunggah oleh akun instragam @manusianlangit pada mtinggu, 29 Oktober 2023.

Pengunggah menuliskan "Gerhana bulan subuh tadi, secara tidak langsung kita melihat bayangan bumi pada permukaan bulan."

Gerhana bulan sebagian aman dilihat dengan mata telanjang dan biasanya tidak akan menyebabkan kerusakan pada mata.

Bagi para Astrophile ini adalah momen yang penuh kejutan dan mempesona karena gerhana ini hanya terjadi beberapa kali dalam setahun.

Meskipun telah berlalu , semoga anda menikmatinya dan semoga anda bisa menikmati kembali momen-momen khusus dimasa depan. Karena alam semesta akan selalu datang dengan penuh kejutan dan mempesona.


Reporter: Indira Ulfa Rizkya (magang)

Editor: Redaksi 

 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.