HEADLINE

Latest Post
Loading...

05 October 2019

Wakil Rektor Buka Seminar Anti Hoaks dan Penulisan Opini

Wakil Rektor III saat membuka kegiatan Pers Mahasiswa AL-Kalam
Foto. Redaksi

www.lpmalkalam.com- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Kalam selengarakan seminar anti hoaks dan Kepenulisan opini dengan Tema “Saring Dulu sebelum Sharing dan Menulis Opini” di Aula Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan lantai 3 sekira pukul 9.30 Wib.

Kegiatan ini turut dibuka oleh wakil rektor bagian Kemahasiswaan dan Alumni Dr. M. Nazar, dalam sambutan nya ia mengatakan " kegiatan seminar ini merupakan hal yang penting demi eksistensi mahasiswa, ia menyambut baik dengan kegiatan-kegiatan seperti ini sebagai perwujudan pelaksanaan yang bermanfaat.



Foto. Sultan Afif/lpmalkalam
Harapannya agar kita sebagai masyarakat, terutama mahasiswa menjadi unggul dalam memilah-milah suatu informasi, tuturnya Sabtu, (05/102019).

Sementara itu, Pimpinan Umum LPM Al-Kalam dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang bermanfaat ini. " acara ini terlaksana, kami melihat perkembangan media saat ini begitu lancar dan mudah untuk digunakan sehingga akibat kemudahan informasi tersebut banyak dari kalangan masyarakat dan mahasiswa tidak bisa lagi menemukan terkait info yang dikonsumsi apakah hoaks atau benar, ujar Muhammad Fadhil.

Ia menambahkan " tentunya untuk kita ketahui informasi yang kita terima benar atau bukan harus memiliki ilmu tentang materi Hoaks agar terhindar dari konsumsi berita yang tidak teruji kebenarannya".


Yuswardi dalam paparan materinya menyampaikan bahayanya Hoaks, “Hoaks itu bisa ‘membunuh’ orang lain.” Maksudnya, dimana sebuah kalimat palsu yang disebarkan bisa merusak citra dan akan berakibat buruk bagi orang lain.


Ia juga mengingatkan, “Pandai-pandailah menggunakan 10 jari, jangan sampai 10 jarimu mengantarkamu ke jeruji besi, ‘lagee ie kupie, meunye hana ta sareung hana mangat’.” pungkasnya. 


Sedangkan Adnan Yahya, M. Pd di akhir stagmen mengajak seluruh peserta untuk menulis, seperti kata pepatah “Jika kamu bukan anak Raja, juga bukan anak Ulama besar, maka Menulislah.”



Foto. Geubrina Ginting/lpmalkalam


" Kegiatan ini diikuti oleh Ketua DEMA dan Senat  Mahasiswa serta ketua UKM, UKK, dan seluruh peserta seminar yang berjumlah kurang lebih 120 orang".


"Pemateri dalam Seminar “Saring Dulu sebelum Sharing dan Menulis Opini” ini adalahYuswardi Mustafa S. Ag, MM. Kom. I dari jaringan demokrasi Indonesia dan Adnan Yahya, M. Pd, yang merupakan praktisi opini serta penulis buku Parenting qurani, tutup Yuliana selaku ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut.


Editor : Redaksi

Wartawan : Rauzatul Jannah
banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.