HEADLINE

Latest Post
Loading...

16 March 2021

Santriwati Dayah Darul Falah Belajar Rukyat Hilal di IAIN Lhokseumawe

Foto : Muhammad Fauzi/lpmalkalam.com


www.lpmalkalam.com - Sejumlah santriwati yang berasal dari Dayah Darul Falah, kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara melakukan kunjungan untuk belajar rukyat hilal awal bulan hijriah di observatorium Malikussaleh kompleks laboratorium center, IAIN Lhokseumawe pada senin (15/03/2021).

Tgk. Mustafa M.Isa selaku pimpinan dayah Darul Falah juga merupakan Ahli Falak di Kabupaten Aceh Utara menyampaikan bahwa "ini merupakan kunjungan untuk para santriwati belajar ilmu rukyat hilal langsung di lapangan dan Alhamdulillah kegiatan ini difasilitasi oleh pihak observatorium". Ujarnya

Dalam hal ini Tgk Ismail, M.A serta tim dari mahasiswa/i jurusan Astronomi Islam IAIN Lhokseumawe berharap semoga pembelajaran yang didapat nantinya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Foto : Muhammad Fauzi/lpmalkalam.com


Sementara itu Tgk Ismail, M.A menyampaikan bahwasanya "teleskop yang terpasang untuk rukyat hilal pada hari ini adalah sebanyak 3 teleskop berjenis refraktor yang dapat digunakan untuk mengamati hilal. Secara Astronomis pada kriteria posisi bulan dan matahari; batas-bawah tinggi hilal agar hilal dapat diamati adalah 4 derajat dengan syarat beda azimut bulan-matahari lebih besar dari 45 derajat". Ujar ulama yang kerap disapa Waled Pulo ini.

Ia juga berpesan khususnya Kepada para peserta yang berhadir pada hari ini agar dapat memaksimalkan kesempatan ini untuk membawa pulang ilmu dari pengalaman kunjungan pembelajaran rukyat di lapangan. 

Kegiatan diawali dengan memberikan pengarahan dan materi rukyat hilal serta observasi hilal yang langsung menggunakan teleskop dan diakhiri dengan dokumentasi.


Reporter | Muhammad Fauzi

Editor : Redaksi

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.