HEADLINE

Latest Post
Loading...

26 November 2021

LPM Al-Kalam Sukses Gelar Pelatihan Jurnalistik

 

Foto: Riski Saputra/lpmalkalam.com


www.lpmalkalam.com - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Kalam IAIN Lhokseumawe sukses gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) dengan mengusung tema “Memperkuat Kreatifitas Mahasiswa Dalam Dunia Jurnalistik Melalui PJTD" yang dilaksanakan dalam bentuk luring di lantai III Aula Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Lhokseumawe pada Sabtu, (20/11/21).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta calon kru LPM Al Kalam dan berlangsung selama dua hari dari tanggal 20-21 November 2021 dengan menghadirkan 3 orang pemateri dari dunia jurnalistik yaitu Distributor Metro TV Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, Slamet Abdullah dengan materi videografi, Kepala Biro Serambi Indonesia Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe Jafaruddin dengan materi jurnalistik dan materi Fotografi yang diisi oleh Rahmad YD.

Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Rektor II, Dr. Darmadi, M. Si dan turut menghadirkan Ketua DEMA IAIN Lhokseumawe, UKM/UKK ruang lingkup IAIN Lhokseumawe serta demisioner LPM Al-kalam.

Ketua Panitia Pelaksana, M. Akbar mengatakan, "Peserta pelatihan berasal dari IAIN Lhokseumawe. Kegiatan ini merupakan tahap kedua perekrutan kru LPM Al-Kalam yang sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi screening test."

Adapun materi PJTD terdiri dari teknik menulis berita yaitu dasar dasar jurnalistik, fotografi jurnalistik, dan videografi jurnalistik.

"Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis." Ujar Putri Zuhra Furna memberikan motivasi dalam sambutannya.

Ia juga berharap bahwa kedepannya calon kru LPM Al-kalam bisa menggali ilmu lebih dalam dari pemateri yang telah dihadirkan dan kedepannya bisa mengaplikasikan dikemudian hari.

Ia juga menambahkan bahwa setelah PJTD seluruh calon kru LPM Al-Kalam akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu tahapan magang selama 3 bulan ke depan yang juga disertai follow up sebagai bentuk evaluasi dari tulisan mereka sebelum nantinya dinyatakan sah sebagai anggota kru LPM Al-Kalam.

Kemudian, dalam acara tersebut turut berlangsung serah terima penghargaan kepada kru LPM Al-kalam yang telah aktif dan menjadi penulis aktif selama setahun terakhir, diantaranya adalah M. Akbar, Muhammad Gema Istiqlal, Rahmatillah, Dahlia Suryani Siregar, Wikayatuddini,  dan Putri Ariani yang diserahkan langsung oleh Wakil Rektor II, Dr. Darmadi, M. Si dan didampingi oleh Pimpinan Umum LPM Al-Kalam, Putri Zuhra Furna.

Foto: Riski Saputra/lpmalkalam.com

"Pelatihan ini mengajarkan saya  dasar-dasar dalam mempelajari teknik-teknik pengambilan foto, video, dan menulis berita. Sehingga berita tersebut dapat disajikan secara fakta, aktual yang dapat dibuktikan kebenarannya." Ungkap salah satu peserta PJTD, Alwaqiah Khairina.


Reporter : Yuli Damayanti

Editor   : Redaksi

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.