HEADLINE

Latest Post
Loading...

13 March 2022

Roadshow Teleskop 2022, Bentuk Pengabdian Jurusan Ilmu Falak pada Masyarakat

Foto: Dahlia Suryani Siregar/lpmalkalam.com

www.lpmalkalam.com - Prodi Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe mengadakan Roadshow Teleskop 2022 sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian kepada masyarakat yang bertempat di Dayah Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara pada Minggu, (13/03/2022).

Roadshow yang mengangkat tema “Memperkuat Kelembagaan dan Kerjasama Jurusan Ilmu Falak Melalui Edukasi Teleskop”, merupakan cara yang ditempuh oleh jurusan Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe sebagai satu-satunya prodi Ilmu Falak yang ada di pulau Sumatera dalam menjalankan amanah perguruan tinggi, sekaligus langkah awal untuk menjalin kerjasama jangka panjang dan silaturahmi dengan pihak lembaga tersebut.

Tgk. Dr. Ismail, S.Sy., M.A., selaku dosen prodi Ilmu Falak menjelaskan betapa penting menjalankan pengabdian ilmu kepada masyarakat mengingat banyak problematika Ilmu Falak yang muncul di masyarakat dan hanya dapat diselesaikan oleh para ahli di bidangnya. Baik persoalan klasik menyangkut arah kiblat, maupun persoalan-persoalan yang lebih spesifik dan kekinian seperti standar masuk awal waktu subuh serta kriteria Kalender Hijriyah di Indonesia.

“Ini merupakan polemik yang belum banyak diketahui, sehingga menjadi amanah bagi kami untuk memberi tahu kepada seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya. 

Kepala Biro Pengurus Dayah Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada, Tgk. Mistaruddin, M.Ag. dalam sambutannya berharap, agar kedepan tetap adanya keberlanjutan hubungan antara Dayah Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada dengan IAIN Lhokseumawe untuk membimbing guru dan santri di dayah tersebut.

“Walaupun setiap tahun acara seperti ini akan diadakan oleh IAIN, namun yang kami inginkan bukan sekedar sosialisasi, tetapi untuk membimbing guru dan santri-santri yang ada disini,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir dosen-dosen prodi Ilmu Falak dan perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe. Yang mana, penyampaian materi dan tanya jawab terkait pengenalan jurusan disampaikan langsung oleh mahasiswa/i Ilmu Falak yang hadir dalam kegiatan tersebut.
Foto: Dahlia Suryani Siregar/lpmalkalam.com
Selain itu, diadakan juga sesi pengamatan matahari sekaligus pengenalan teleskop bagi santriwan/santriwati Dayah Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada. Adapun teleskop yang digunakan adalah Ioptron R80 milik jurusan Astronomi islam IAIN Lhokseumawe yang dibawa ke lokasi acara. Kegiatan ini diawasi langsung oleh mahasiswa dan dosen yang hadir dalam acara tersebut. 


Reporter: Dahlia Suryani Siregar

Editor: Redaksi


banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.