HEADLINE

Latest Post
Loading...

18 November 2023

Mahasiswa IAIN Lhokseumawe Angkatan 2023 Jalani Program Pembinaan Ma'had Al-Jami'ah

Foto: Alya Nadila


www.lpmalkalam.com- Pada Jumat, 17 November 2023 dan Sabtu, 18 November 2023 berlangsungnya pembinaan kema'hadan yang ditujukan kepada mahasiswa angkatan 2023 IAIN Lhokseumawe bertempat di Ma'had Al-Jami'ah kampus setempat. 

Pembinaan kema'hadan telah berjalan sejak tahun 2021 hingga sekarang yang bersifat wajib bagi mahasiswa baru setiap tahunnya. Program ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1959 Tahun 2021 tentang panduan penyelenggaraan Ma'had Al-Jami'ah pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. 

Mahasiswa tahun ajaran 2023-2024 menjalani pembinaan kema'hadan selama 10 kali pertemuan terhitung sejak tanggal 17 dan 18 November 2023 yang nama-namanya telah ditentukan pada masing-masing kelas setelah melakukan tes pada PBAK 2023 lalu. 

Foto: Alya Nadila

Dalam programnya, mahasiswa dibimbing oleh beberapa ustad dan ustadzah terkait pembelajaran tahsinul Qur'an, praktek ibadah, dan pelajaran akhlak. Selain itu, ada pula pembelajaran tentang berbagai kitab, dimulai dari Matan Taqrib, Taisir Akhlak, Aqidah Islamiyyah, Taklimul Muta'allim, Kifayatul Awam, dan Al-Bajuri.

"Meskipun menyita waktu libur, adanya program pembinaan kema'hadan ini tentu memberikan manfaat yang cukup banyak, terutama memberikan peluang kepada mahasiswa untuk lebih paham terkait pengetahuan agama Islam, terlebih kepada mahasiswa yang dulunya merupakan tamatan dari SMA," ujar salah satu mahasiswa angkatan 2023 yang mengikuti pembinaan Ma'had Al-Jami'ah.

Kegiatan ini nantinya akan diberikan sertifikat sebagai syarat mendaftar sidang skripsi apabila telah menyelesaikan program kema'hadan selama 2 semester dan dinyatakan lulus oleh pengajar masing-masing kelas.


Reporter: Alya Nadila (Magang)

Editor: Redaksi

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.