HEADLINE

Latest Post
Loading...

01 January 2024

KPM Kelompok 28 Sukses Adakan Acara MTQ Antar Dusun Tingkat Desa Geulumpang

Foto: IST

www.lpmalkalam.com- Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) IAIN Lhokseumawe kelompok 28 sukses mengadakan perlombaan MTQ di Desa Geulumpang, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara tingkat antar dusun.

MTQ ini diikuti oleh tiga Dusun yang berada di kemungkinan Geulumpang yaitu Dusun Baro Leumah, Dusun Lampoh Weng, Dusun Alue Puuk. 

Kegiatan acara Musabaqah Tilawatil Quran dilaksanakan mulai sejak tanggal 10 sampai 13 Desember 2023 dengan cabang perlombaan adzan, Tahfidz, Tartil, Adzan, dan pada siang harinya mengadakan perlombaan umum yaitu lomba mewarnai dan mengarang bebas untuk para anak-anak. Empat cabang perlombaan MTQ diikutin oleh anak tingkat SD, sedangkan dua cabang perlombaan umum diikutin oleh anak tingkat sekolah TK dan SD dari kelas 1 sampai 3. 

Salah satu panitia pelaksanaan lomba MTQ sekaligus anggota dari kelompok 28 mengatakan "Penyelenggaraan acara MTQ ini merupakan salah satu festival anak sholeh yang bertujuan untuk upaya mewujudkan generasi cinta Alquran" ujar Muhammad Firdaus. 

Acara Musabaqah Tilawatil Quran adalah ajang untuk memamerkan keindahan bacaan Alquran dan mengukir prestasi anak-anak dalam bidang tilawah. Pelaksanaan MTQ bukanlah sekedar lomba untuk mencari Qori-qoriah dan hafiz Hafidzah terbaik. Akan tetapi acara ini merupakan salah satu upaya konkrit yang terkandung di dalam Alquran supaya diajarkan sebagai pedoman hidup.

Foto: IST

Pelaksanaan MTQ ini dilakukan selama tiga malam berturut-turut, di mana pada malam terakhir yaitu malam pembagian hadiah bagi para peserta yang memenangkan ajang perlombaan. Selain itu, pada malam terakhir acara juga mengadakan nonton bersama para mahasiswa KPM kelompok 28 dengan warga kampung gelombang mengenai video kegiatan mahasiswa kelompok 28 selama berada di kampung serta sekaligus dengan Malam perpisahan dengan masyarakat Gampong Geulumpang.

Pada kegiatan Malam terakhir juga tidak luput dari antusias warga untuk memeriahkan acara dengan menyumbangkan berbagai lagu. Oleh karena itu, kegiatan luar biasa ini tidak lepas dari dukungan seluruh masyarakat Gampong yang memiliki semangat dan tujuan menggali dan mengasah bakat anak-anak yang ada di Gampong Geulumpang.


Sumber: Rilis

Editor: Redaksi

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.