HEADLINE

Latest Post
Loading...

16 September 2016

UKM Lembaga Kajian Ilmu Falak Ajak Masyarakat Menyaksikan Gerhana Bulan


AL-Kalam - Lhokseumawe, 16 September 2016 Lembaga Kajian Ilmu Falak IAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Mengajak Masyarakat Untuk sama - melihat Gerhana bulan penumbra. Gerhana bulan penumbra kali ini akan terjadi pada Sabtu Malam tanggal 16 September 2016 mulai pukul 23:54 sampai pukul 03:53 Wib. 

Tgk. Kiamuddin Selaku Ketua Lembaga Kajian Ilmu Falak Menyatakan untuk melihat secara detail proses terjadinya gerhana tentunya ini harus menggunakan alat bantu seperti teleskop, agar permukan bulan bisa terlihat secara jelas saat gerhana peneumbra terjadi. Kita berencana menyediakan lokasi Pengamatan Di Depan Maa’had IAIN Malikussaleh dengan Menurunkan 4 Teleskop.

           Gerhana bulan penumbra hanya dikenal dalam kajian ilmu falak, sedangkan dalam kajian fikih klasik hanya dikenal gerhana bulan total dan gerhana bulan parsial, tidak dikenal adanya gerhana bulan penumbra. Oleh karenanya, sampai saat ini, hukum salat untuk  gerhana bulan penumbra masih diperbincangkan. Sebagian ada yang berpendapat sunat. sebagaimana salat sunat gerhana bulan total dan parsial, dan ada juga yang berpendapat tidak sunat.

        Gerhana bulan penumbra kali ini boleh dikatakan gerhana penutup di tahun 2016, karena setelah gerhana ini terjadi tidak ada lagi peristiwa gerhana di tahun 2016, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari.

Gerhana bulan penumbra kali ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang samapai Merauke. Untuk tahun 2016, ini merupakan gerhana terakhir dari jumlah 4 kali gerhana yang terjadi dalam tahun ini yang terdiri dari dua kali gerhana matahari (gerhana matahari total 9 Maret dan gerhana matahari cincin 1 September) dan dua kali gerhana bulan (kedua-duanya gerhana bulan penumbra yaitu 23 Maret dan 17 September). (Y.a)


banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.