HEADLINE

Latest Post
Loading...

20 February 2019

Perdana, Jurusan Astronomi Islam Gelar Pengamatan Supermoon di Lab Center


Foto: Fauzi/lpmalkalam
www.lpmalkalam.com- Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe sukses menggelar pengamatan Supermoon di Laboratorium Center kampus IAIN Lhokseumawe pada Selasa 19/02/2019

Pengamat ini berlangsung mulai pukul 18.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB, dan diikuti oleh Mahasiswa Jurusan Astronomi Islam dan Jurusan Lainnya, serta para pengunjung dan awak media turut berhadir meramaikan.  

Ismail, S.Sy, M.A kepada LPM Al-kalam mengatakan "Purnama Jumadil Akhir 1440 H yang bertepatan dengan tanggal 19 Pebruari 2019 M sangatlah istimewa daripada purnama-purnama biasanya, hal ini dikarenakan posisi bulan saat malam purnama berada pada titik yang sangat dekat dengan bumi, hanya 363.300 km dan ini posisi terdekat bulan dengan bumi di tahun 2019.


"Bulan berada pada posisi terdekat terjadi pada tanggal 19 Pebruari 2019 pada pukul 16.02 Wib dengan puncak purnama terjadi pada pukul 22.53 Wib. Bila langit cerah, permukaan bulan pada tanggal 19 Pebruari 2019 akan terlihat lebih besar sekitar 14 % dari purnama biasanya  dan akan terasa 30 % lebih terang dari purnama biasanya. Ukuran besar dan terang akan sangat terasa bagi yang sering mengamati bulan, karena ada perbandingan dalam setiap pengamatan bulan purnama sebelumnya. 

Ia menambahkan, "selain itu kegiatan ini dilakukan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat khususnya para mahasiswa di Jurusan Astronomi Islam dan umumnya bagi seluruh mahasiswa yang ada di kampus IAIN Lhokseumawe. Dengan seringnya agenda seperti ini diselenggarakan maka akan membuat ilmu falak semakin dikenal di kalangan masyarakat, dan momentum pengamatan Supermoon ini juga diharapkan dapat menjadi latihan dan pembelajaran non formal bagi para mahasiswa di Jurusan Astronomi Islam, pungkasnya".


"mengikuti pengamatan bulan seperti ini merupakan hal yang baru bagi saya, namun sangat menarik dan dapat dijadikan bahan edukasi seputar dunia Astronomi. Saya merasa sangat bersyukur dapat menikmati liburan dengan mengikuti momentum seperti ini. Semoga Jurusan Astronomi Islam dapat terus proaktif dalam menggelar agenda-agenda pengamatan yang bersifat publik dengan dihadiri oleh lebih banyak pengunjung dibanding hari ini, kata Muhammad Farhan Mahasiswa UIN Ar- Raniry yang ikut serta pengamatan".

Peserta Pengamatan melakukan Foto bersama di halaman Lab Center Ilmu Falak
Foto: Fauzi (2)
Ketua HMJ Astronomi Islam, Muhammad Fauzi menambahkan "kami akan terus berusaha membuat pengamatan-pengamatan yang bersifat edukasi astronomi bagi masyarakat terutama bagi para mahasiswa yang ada di jurusan Astronomi Islam dan kampus IAIN Lhokseumawe, dan semoga di event selanjutnya dapat lebih banyak pengunjung yang berhadir, terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan acara ini, tutupnya".

Wartawan : Fauzi
Editor         : Redaksi
banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.