HEADLINE

Latest Post
Loading...

07 October 2019

Peringati InOMN 2019 Jurusan Astronomi Islam Gelar Pengamatan Bulan Internasional

Foto. Redaksi

www.lpmalkalam.com- Himpunan Mahasiswa Jurusan Astronomi Islam (HIMASTROIS) bekerjasama dengan Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) menggelar acara Internasional Observe of The Moon Night (InOMN) tahun 2019 di Observatorium Astronomi Komplek Laboratorium Center kampus IAIN LhokseumaweLhokseumawe pada sabtu 05/10/2019.

Acara yang difasilitasi oleh Jurusan Astronomi Islam ini berlangsung sejak pukul 17.00 WIB - pukul 22.00 WIB dimulai dengan persiapan pemasangan alat, dilanjutkan dengan pengamatan dan edukasi seputar Astronomi. 

Plt Sekretaris Jurusan Astronomi Islam Machzumi, M.Si mengatakan "InOMN merupakan agenda tahunan yang digagas oleh NASA untuk bersama-sama mengamati bulan. Tahun 2010 atau 9 tahun lalu merupakan kali pertama diadakan InOMN, yakni yang digelar pada 18 September 2010.

"tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak semua kalangan khususnya para astronom dan masyarakat secara umum untuk bersama-sama lebih mengenal dan mengamati lebih dekat dengan satu-satunya satelit bumi yakni bulan, tuturnya. 

Ia menambahkan "pemilihan tanggal 5 Oktober tahun ini adalah karena pada tanggal tersebut Bulan memasuki fase first quarter (fase bulan yang Nampak setengah lingkaran pertama dalam setiap bulan). Fase kuarter sempurna pada tanggal 5 Oktober 2019 ini akan terjadi pada pukul 23: 47 WIB, namun demikin bulan sudah dapat diamati setelah Matahari terbenam. InoMN selalu diadakan pada malam Minggu, hal ini bertujuan agar para pengamat bulan dapat secara leluasa mengamati bulan tanpa harus khawatir besok masuk kerja, ujar Dosen Ilmu Falak ini." 

Sementara Devina seorang pengunjung mengatakan "melakukan pengamatan bulan merupakan hal yang baru bagi dirinya. Saya merasa sangat tertarik untuk ikut serta dalam pengamatan-pengamatan berikutnya, dikarenakan selain dapat mengamati bulan atau benda langit langsung juga dapat menambah ilmu dan wawasan seputar Astronomi ungkapnya. 

Pengamatan tersebut diikuti oleh para mahasiswa/i dari Jurusan Astronomi Islam, Lembaga Kajian Ilmu Falak, Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara serta mahasiswa lainnya lintas Jurusan yang ada di lingkungan kampus IAIN Lhokseumawe.

Sumber : (Rilis)
Editor   : Redaksi
banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.