HEADLINE

Latest Post
Loading...

16 May 2022

Peletakan Batu Pertama Dayah HATHAR

 
Foto: IST
www.lpmalkalam.comHari Sabtu, 13 Syawal 1443 H/14 Mei 2022 M menjadi hari bersejarah bagi HATHAR dan masyarakat kecamatan Geureudong Pasee Dan Wal bil khusus masyarakat Gampong Suka Damai dengan diadakannya peletakan pertama Dayah HATHAR di Gampong Suka Damai. Masyarakat Suka Damai sudah lama mengidamkan berdirinya sebuah dayah di sana untuk mendidik masyarakat dan generasi muda ilmu agama.

Kegiatan di pandu oleh Tgk. Jamaluddin sebagai Master Of Ceremony. Acara diawali dengan pembacaan Al-Qur'an oleh Tgk. Muhammad Dani, dilanjutkan dengan shalawat badar yang dipimpin oleh Tgk. Muhajir dan Tgk. Awis Qarni. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Bapak Geusyik Suka Damai, Zulfikar Fauzi dalam sambutannya mengatakan, "Kami masyarakat Suka Damai sudah lama menantikan adanya dayah di gampong kami untuk mendidik masyarakat dan generasi muda ilmu agama. Alhamdulillah hari ini harapan tersebut telah menjadi kenyataan. Dan kami sangat bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada pada Alim Ulama Aceh Utara yang telah hadir di gampong kami yang paling ujung yang berbatasan langsung dengan Bener Meriah."

Sedangkan Camat Geureudong Pase, Mardani, S.Sos, MSM menyampaikan, "Kami Muspika Geureudong Pase mendukung penuh pendirian Dayah HATHAR dan akan membantu dengan sekuat tenaga untuk kemajuan dayah tersebut."

Sambutan dilanjutkan dengan Rais Am HATHAR Tgk. Zulfirman T. Ismail, "Alhamdulillah kerjasama HATHAR dengan masyarakat Suka Damai telah terjalin sejak tahun 2019 terus berlanjut hingga hari ini. HATHAR dan masyarakat Suka Damai telah sepakat untuk mendirikan sebuah dayah di Gampong Suka Damai untuk pendidikan agama masyarakat dan generasi muda. Dan telah diwakafkan tanah seluas 40.500 m untuk lokasi dayah. Dan kami berharap kepada para alim ulama dan pihak pemerintah doa dan dukungannya agar dayah yang akan kita bangun maju dan berjaya sampai akhir dunia ini."

Mewakili Bupati Aceh Utara, Kadis Pendidikan Dayah Tgk. Abdullah Hasbullah, S.Ag., M.Si. mengatakan, "HATHAR sebuah organisasi Aneuk Dayah yang luar biasa. Bergerak dengan pelan-pelan tapi hasilnya terlihat nyata. Saya awalnya juga tidak terlalu yakin tapi akhirnya keraguan saya benar-benar hilang melihat gerakan HATHAR hari ini. Dayah perlu didirikan karena tanpa dayah ilmu agama akan memudar, karena dayah lembaga yang konsisten mendidik ilmu agama kepada umat, oleh karena itu Dayah HATHAR di Gampong Suka Damai wajib kita dukung."

Foto: IST

Acara ditutup dengan tausiyah oleh Abu H. Abdul Manan Blang Jruen, Ketua MPU Aceh Utara yang juga Ketua Dewan Mustasyar HATHAR. Diantara isi tausiyah Abu adalah, "Keberhasilan gerakan yang dibangun oleh HATHAR karena dua faktor, yaitu keikhlasan dan kejujuran." Abu menekankan kepada seluruh pengurus HATHAR agar tidak ada isme alumni dalam HATHAR dan jangan mencari kehidupan di HATHAR dan hidupkanlah HATHAR. Abu juga menegaskan bahwa Ulama dan Pemerintah seperti anak kembar, Ulama dan pemerintah harus bekerjasama dengan mengerjakan kewajiban masing-masing. Abu juga mengatakan untuk kelancaran Dayah HATHAR pemerintah perlu memperbaiki jalan menuju Gampong Suka Damai. Karena mulai kita masuk gerbang Kecamatan Geureudong Pase jalanya rusak dan penuh lubang. Karena bila akses jalan tidak bagus maka sulit majunya sebuah dayah.

Turut hadir pada acara peletakan batu pertama dayah dari unsur ulama Abu H. Abdul Manan Blang Jruen Ketua MPU Aceh Utara, Abon Bukhari Pimpinan Dayah Nurus Sa'adah Gampong Teungoh Sawang, Abati Dahlan Pimpinan Darul Madaris Jungka Gajah, Abi Sufi Paloh Gadeng, Waled Muniruddin Pimpinan Dayah Madinatudiniyah Nafisatul Huda Lhoksukon, Waled Hasanuddin Geureudong Pase. Dari unsur pemerintah Kadis Pendidikan Dayah Aceh Utara, Polres Lhokseumawe, Polres Aceh Utara, Perwakilan Dandim Aceh Utara, Perwakilan Kemenag Aceh Utara, Perwakilan Dinas Syariat Islam Aceh Utara, Muspika Geureudong Pase, Ketua Forum Geusyik Geureudong Pase, Tokoh Masyarakat Geureudong Pase. Pimpinan Ormas Islam dan OKP Aceh Utara, dan organisasi santri kecamatan di Aceh Utara.


Sumber: Rilis

Editor: Redaksi


banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.