HEADLINE

Latest Post
Loading...

06 December 2023

Coco Chips, Potensi produk UMKM Unggulan Gampong Blang Cut Oleh Mahasiswa KPM Kelompok 31

Foto: IST

www.lpmalkalam.com- Mahasiswa Kuliah pengabdian masyarakat kelompok 31 Gampong Blang Cut melaksanakan demo masak produk UMKM unggulan bersama ibu-ibu gampong Blang Cut di Balai Meunasah Gampong pada Kamis, (30/11/2023)

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi program kerja Kelompok KPM yang di dasari oleh melimpahnya potensi sumber daya alam yaitu kelapa serta turunnya angka produktivitas masyarakat gampong dikarenakan rusaknya aliran irigasi sehingga masyarakat tidak bisa melakukan aktifitas ke sawah seperti biasa.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dalam meningkatkan perekonomian suatu negara. Di Indonesia sendiri, pemerintah memastikan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian bangsa. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, UMKM kembali menjadi pahlawan kebangkitan ekonomi nasional di tahun 2023 dengan membuka lapangan kerja dan peluang usaha. 

Peningkatan keberhasilan pengembangan UMKM di Desa/Gampong, salah satunya adalah dengan tersebarnya UMKM di Desa/Gampong di seluruh Indonesia. Setiap Desa/Gampong tentu memiliki potensi sumber daya alam yang dapat diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual yang tinggi dan dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada, harapannya mampu memberikan kontribusi nyata dalam mengangkat perekonomian masyarakat Desa/Gampong setempat dan mampu mengurangi kesenjangan perekonomian masyarakat desa dengan masyarakat kota. 

Foto: IST

Hal itulah yang mendasari mahasiswa kelompok 31 Gampong Blang Cut untuk menggagas terciptanya “Coco Chips” yaitu produk olahan kelapa yang disajikan dalam bentuk keripik dengan berbagai varian rasa. Dalam kegiatan ini, mahasiswa memperkenalkan produk olahan keripik kelapa tersebut dengan metode demo masak praktik persiapan produk, pengemasan produk hingga produk siap dipasarkan.  

Hasami selaku ketua kelompok menyampaikan harapannya agar produk Coco Chips nantinya bisa terus di produksi oleh masyarakat Gampong sehingga dapat bermanfaat untuk mendukung perkembangan trobosan baru produk UMKM desa, Selain itu, penggunaan bahan baku lokal juga memberikan nilai tambah dalam mendukung perkembangan ekonomi lokal. 


Sumber: Rilis

Editor: Redaksi 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.