HEADLINE

Latest Post
Loading...

05 March 2017

Prodi KPI IAIN Malikussaleh Wujud Nyata Ladang Sukses Mahasiswa

Oleh Hasyimah Putri
Jurusan Dakwah adalah jurusan termuda di lingkungan IAIN Malikussaleh Lhokseumawe. Jurusan ini diperkenalkan pada tahun 2002/2003 dengan program studi pertama, Komunikasi penyiaran Islam (KPI).
Kronologi berdirinya jurusan dakwah tidak terlepas dari dibukanya kelas jauh di Dayah Mudi Mesra, Samalanga. Alumni dakwah pertama merupakan tengku-tengku yang mengajar di dayah-dayah. Mereka berinisiatif untuk mempelajari ilmu dakwah secara konphrehensif, modern, dan tidak hanya sekedar berdakwah di atas mimbar, tetapi lebih dari itu, misalnya seperti berdakwah di media massa (televisi,radio, Dan surat kabar).
Keberadaan ilmu  komunikasi di dalam kehidupan ini sangat penting untuk membangun sebuah relasi dengan individu, kelompok dan masyarakat. Bisa kita bayangkan apabila tidak ada komunikasi, sungguh sangat hambar kehidupan ini. Ketika komunikasi dengan orang lain sudah tertata dengan benar, maka kehidupan sangat fleksibel untuk dijalani. Bahkan lebih dari itu, komunikasi dapat merubah karakter seseorang menjadi lebih aktif, produktif dan percaya diri.
Salah satu alasan diperkenalkannya  jurusan dakwah prodi KPI adalah untuk melahirkan insan-insan praktisi komunikasi Islami, seperti di bidang jurnalistik media cetak (surat kabar), dan media penyiaran (radio dan televisi).
Satu hal yang sangat disayangkan adalah tentang realita perspektif masyarakat terhadap jurusan dakwah KPI. Banyak yang beranggapan bahwa kuliah di jurusan dakwah KPI adalah kesalahan besar. Mahasiswa tidak akan jadi apa-apa dan mustahil ada peluang kerja di Aceh. Padahal, fakta di lapangan menunjukkan bahwa sudah banyak sekali alumni-alumni dakwah yang berhasil. Ada yang menjadi Wartawan media cetak, media online, dan media penyiaran radio dan televisi, ada juga yang menjadi politikus, Dosen, Guru, Pejabat tinggi dan direktur atau kepala kantor di suatu instutusi atau perusahaan.
Sebenarnya, prodi KPI adalah jurusan yang kaya dengan lapangan pekerjaan. Apabila ilmu  komunikasi sudah mantap di dalam hati, ketika selesai menempuh gelar sarjana, Mahasiswa tidak perlu sibuk melamar kerja kesana sini, justru lapangan kerja tersebut yang membutuhkan  professionalisme kita.
Jurusan dakwah mengajarkan mahasiswa agar memiliki kemampuan dakwah bil lisan (berbicara), dakwah bil kalam (tulisan), dan dakwah bil hal (tingkah laku).
Ada 8 PROSPEK Kerja yang ditawarkan prodi KPI : Pertama, Broadcaster/tenaga di dunia penyiaran  adalah Produser, sutradara, reporter stasiun TV, Radio dan surat kabar. Kedua, Jurnalis adalah Wartawan media massa (wartawan televise,radio,surat kabar dan online). Ketiga, Presenter adalah Pembicara dalam program acara. Keempat, Master of ceremony (mc) adalah Profesi protokoler di setiap event. Kelima, Public relation adalah HUMAS (Hubungan Masyarakat). Keenam, Event Organizer adalah Perancang event besar. Ketujuh, Praktisi periklanan/advertising seperti Penawaran produk. Kedelapan, Marketing communication seperti Perancang strategi komunikasi pemasaran.
Jurusan dakwah KPI Juga mempelajari ilmu desain grafis sebagai peluang kerja mandiri Mahasiswa. Melalui mata kuliah tersebut, Mahasiswa bisa membuat usaha spanduk, brosur, cover buku, undangan, Layout dan editing.
Disisi lain pada periode 2017 ini, Pihak jurusan dakwah juga terlihat terus memberikan kontribusi untuk kemajuan skill Mahasiswa KPI, yaitu dengan cara menjalin kerja sama dengan rumah produksi lagu dan Qasidah Islami, serta dengan  merekrut  penyiar dan reporter baru radio dan TV Kampus (latansa fm dan kosi tv). Ini memperlihatkan pada khalayak ramai bahwa Jurusan Dakwah pantas menjadi salah satu jurusan unggulan untuk menyambut era IAIN ini.
banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.