HEADLINE

Latest Post
Loading...

12 November 2021

HIMASTROIS Sukses Gelar Pelatihan Ilmu Falak

 


Foto : Yuli Damayanti


www.lpmalkalam.com - Himpunan Mahasiswa Jurusan Astronomi Islam (HIMASTROIS) sukses gelar pelatihan ilmu falak dengan mengusung tema “Penguatan Soft Skill dan Hard Skill Mahasiswa Prodi Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe” via luring dan daring yang bertempat di lantai III Aula fakultas syari’ah IAIN Lhokseumawe pada Rabu, (11/11/21).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi ilmu falak IAIN Lhokseumawe dan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 11-12 November 2021 dengan menghadirkan dua pemateri pada hari pertama Siswanto ST., M.Si kepala BMKG Malikussaleh Aceh Utara (luring) dan Dr. H. Ahmad Izzuddin M.Ag selaku wakil dekan fakultas syari’ah dan hukum UIN Walisongo Semarang (daring) serta menghadirkan satu pemateri pada hari kedua yakni Tgk. Ismail, S. Sy., MA yang merupakan dosen sekaligus pendiri prodi ilmu falak fakultas syari’ah IAIN Lhokseumawe.

Foto : Yuli Damayanti

Sementara itu ketua panitia Muhammad  Hafiz menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan pelatihan ini ialah untuk menambah wawasan dan mendapat ilmu mengenai ilmu falak khususnya mengukur arah kiblat, gerhana, penanggalan serta menentukan jadwal waktu shalat sepanjang masa.

Kafrawi, M.A selaku wadek III fakultas syari’ah IAIN Lhokseumawe mengungkapkan bahwasannya, “Mahasiswa harus progresif dan aktif dalam mencapai ilmu pengetahuan, tidak hanya aktif mengikuti namun aktif dalam menciptakan kegiatan.” Ungkapnya.

“Ilmu falak merupakan jurusan langka yang sangat dibutuhkan di masa yang akan datang dan kegiatan ini merupakan kesempatan dan waktu bagi kita untuk belajar sehingga dapat bermanfaat bagi masa depan.” Ujar Muhammad Syahrial Razali Ibrahim, P.hd  selaku Dekan Fakultas Syari’ah IAIN Lhokseumawe.

Kepala BMKG Malikussaleh Aceh Utara Siswanto ST., M.Si selaku pemateri I menyampaikan mengenai pentingnya soft skill dalam dunia kerja. Selanjutnya pemateri II Dr. H. Ahmad Izzuddin M.Ag wakil dekan fakultas syari’ah dan hukum UIN Walisongo Semarang sekaligus ketua umum asosiasi dosen falak Indonesia, sebuah komunitas ahli falak yang mempelopori atau menginisiasi kompetisi ilmu falak secara Nasional antar mahasiswa sehingga muncul bibit-bibit muda penggiat ilmu falak di Indonesia. Selanjutnya mengenai hard skill tentang hisab rukyat di Indonesia. 

Sedangkan pemateri III Tgk. Ismail, S.Sy., MA dosen prodi ilmu falak IAIN Lhokseumawe menjelaskan mengenai ruang lingkup dan prospek kerja ilmu falak kedepannya.

Gina selaku peserta mengemukakan bahwa : "kegiatan ini menambah relasi dan pengetahuan saya mengenai ilmu falak serta berharap kedepannya ilmu falak dapat lebih banyak mengadakan praktikum ataupun kegiatan-kegiatan positif lain yang bermanfaat bagi para mahasiswa." Tutupnya.


Reporter : Yuli Damayanti

Editor   : Redaksi

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.