HEADLINE

Latest Post
Loading...

05 December 2023

Cetak Generasi Qur’ani, Mahasiswa KPM Kelompok 39 IAIN Lhokseumawe Sukses Selenggarakan MTQ Tingkat Gampong di Desa Kumbang

Foto: IST


www.lpmalkalam.com- Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) kelompok 39 IAIN Lhokseumawe sukses menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat gampong selama dua hari berturut-turut mulai Minggu-Senin, tanggal 3-4 Desember 2023. MTQ ini diselenggarakan di halaman meunasah gampong Kumbang, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara. 

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat gampong Kumbang merupakan bukti nyata penyelenggaraan hasil diskusi sekaligus kolaborasi antara mahasiswa KPM kelompok 39, aparatur, dan seluruh masyarakat gampong Kumbang. Mengusung konsep generasi qur’ani, MTQ ini terdiri atas lima cabang perlombaan, yaitu lomba azan tingkat SD kelas 1-3, azan tingkat SD kelas 4-6, hafalan surah pendek tingkat SD kelas 1-3, hafalan surah pendek tingkat SD kelas 4-6, dan lomba mewarnai tingkat PAUD.

Peserta MTQ sendiri merupakan anak-anak gampong Kumbang pada jenjang usia PAUD dan sekolah dasar (SD). Secara keseluruhan, jumlah peserta MTQ tingkat gampong Kumbang terdiri atas 65 peserta yang didistribusikan ke dalam lima cabang lomba dengan rincian, lomba azan tingkat SD kelas 1-3 sejumlah 8 peserta, lomba azan tingkat SD kelas 4-6 sejumlah 11 peserta, lomba hafalan surah pendek tingkat SD kelas 1-3 sejumlah 18 peserta, lomba hafalan surah pendek tingkat SD kelas 4-6 sejumlah 13, dan 15 peserta lomba mewarnai tingkat PAUD. 

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat gampong Kumbang diadakan selama dua hari berturut-turut yang dimulai dengan opening ceremonial pada malam Senin dan dilanjutkan dengan perlombaan azan dan hafalan surah pendek, keesokan harinya dilangsungkan lomba mewarnai tingkat PAUD, dan acara penutupan MTQ sekaligus pengumuman juara dilakukan pada malam Selasa. 

“MTQ yang kami adakan ini secara khusus bertujuan untuk melahirkan generasi-generasi qur’ani yang mampu meneruskan estafet selanjutnya di gampong Kumbang” ucap Muhammad Taufik selaku ketua panitia dalam laporannya. 

Selain dari ketua panitia, kata sambutan juga berasal dari salah satu aparatur sekaligus tokoh keagamaan desa Kumbang, Tgk. Muhammad Rafidi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi penuh dalam MTQ kali ini, terkhusus mahasiswa KPM kelompok 39 IAIN Lhokseumawe. 

“Semoga dengan acara MTQ ini mampu meningkatkan kualitas anak-anak gampong Kumbang, baik dari mental maupun kualitas lainnya” ucap beliau. 

Penutupan dan pengumuman juara dilakukan pada malam selasa dengan dihadiri oleh aparatur gampong, peserta lomba, wali murid, dan seluruh masyarakat gampong kumbang. Panitia menyediakan hadiah utama bagi pemenang lomba dan hadiah hiburan bagi seluruh peserta lomba. Secara khusus, panitia berharap hadiah tersebut bisa dipergunakan sebaik mungkin oleh anak-anak gampong Kumbang. 


Sumber: Rilis

Editor: Redaksi 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.