HEADLINE

Latest Post
Loading...

02 January 2024

Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Warga Desa Meunasah Nga Kelompok KPM 19

Foto: IST

www.lpmalkalam.com- Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) IAIN Lhokseumawe Kelompok 19 yang berlokasi di Gampong Meunasah Nga Kecamatan Meurah Mulia  Kabupaten Aceh Utara melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan lahan pekarangan Meunasah untuk budidaya sayuran secara organik pada 17 November 2023 s/d 14 Desember 2023.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, mahasiswa KPM IAIN Lhokseumawe melakukan percobaan penanaman berbagai jenis tanaman sayuran di lahan pekarangan Meunasah kepada masyarakat dengan pendekatan konsep pemanfaatan lahan kosong, yaitu memanfaatkan lahan pekarangan untuk pemenuhan pangan dan gizi masyarakat dengan tetap memperhatikan keasrian lahan.

Adapun jenis tanaman yang ditanam oleh mahasiswa KPM Kelompok 19 IAIN Lhokseumawe adalah sayuran seperti bayam, terong, kangkung, singkong serta jenis tanaman obat jahe, kencur dan kunyit. Lahan percontohan yang dipakai oleh mahasiswa ini adalah lahan kosong yang terdapat di Meunasah gampong dengan tujuannya adalah untuk pemanfaatan lahan secara lebih optimal. Hal itu dikarenakan ketika Mahasiswa Kelompok 19 tiba, lahan-lahan tersebut tampak gersang serta ditumbuhi rumput saja.

Foto: IST

Tidak hanya tumbuhan pangan saja, akan tetapi tumbuhan herbal juga di tanam pada program kali ini, dikarenakan mengingat besarnya manfaat tumbuhan-tumbuhan herbal sejenis kunyit, jahe merah serta sereh untuk kesehatan. Nantinya masyarakat dapat mengambil hasil dari program ini sebagai salah satu contoh bentuk pengabdian Mahasiswa Kelompok 19 IAIN Lhokseumawe di Gampong Meunasah Nga.

Semoga dengan dilakukan kegiatan ini, dapat menjadi acuan ataupun bahan percontohan bagi masyarakat, yang mana nantinya masyarakat bisa  memanfaatkan lahan pekarangannya masing-masing dan dapat memenuhi kebutuhan konsumsi sayuran yang tidak mengandung zat kimia.


Sumber: Rilis

Editor: Redaksi

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.