HEADLINE

Latest Post
Loading...

01 December 2016

Mengenal Ma'had Ali


Tahun ajaran 2016 Iain malikussaleh saat ini telah menyediakan program Ma’had ali. Program ini dikhususkan kepada tiap mahasiswa baru yang masuk pada awal semester. Untuk mendaftar mahasiswa hanya perlu mengisi formulir yang telah disediakan, lalu melampirkan dokumen berupa Ijaza, KK dan berbagai keterangan lain seperti persyaratan yang sudah dilampirkan ketika pertama mendaftar kuliah.

Berdasarkan wawancara Al-kalam dengan Mudir Ma’had  bapak Ahmad Riza  menerangkan bahwa, dalam pencapaiaanya mahasiswa yang terdaftar Ma’had akan diberi tes. Tes ini bermaksud untuk mengetahui kemampuan tiap mahasiswa dan mengelompokkan mereka berdasarkan kemampuan masing-masing. sehingga para ustad/ustazah bisa memberi pembelajaran yang sesuai dan tercapainya tujuan pembelajaran yang lebih efektif. Kemudian para mahasiswa diasramakan  di gedung Ma’had ali untuk diberikan pembinaan sesuai dengan program yang telah direncanakan.

Program ini akan terus dilangsungkan bergilir  tiap tahun ajaran baru. Tahun ini merupakan tahap perdana. Masih banyak keterbatasa dan kendala yang dihadapi baik dari sarana maupun prasarana. mulai dari fasilitas penyedian asrama saat ini ketersediaan asrama masih sangat terbatas asrama Ma’had hanya mampu menanmpung 80 mahasiswa. maka untuk tahun ini Ma’had Ali hanya menerima mahasiswi. Hal ini juga karena manyoritas mahasiswa STAIN sekrang kebih banyak putri dibandingkan putra. Bisa diperkirakan 80% dari seluruh mahasiswa STAIN sekarang adalah putri. Namun kini telah direncanakan, bahwa akan dibangun asrama baru didekat gedung Tarbiyah Buket Rata yang mana diharapkan agar nantinya pada tahun depan seluruh mahasiswa baru bisa tinggal di asrama dan mengikuti program Ma’had dengan lebih baik lagi.

Saat ini  telah banyak program yang sudah mulai diterapkan dalam pembinaan Ma’had   yaitu berupa pendalaman kajian kitab kuning, Tahsin dan Tahfiz Alquran serta pendalaman skil bahasa Bahasa Arab, Bahasa Inggris, sudah dilaksanakan Debat dan Muhazharah. pembelajaran ini rutin dilaksanakan dalam tiapminggu mulai dari hari sabtu sampai kamis tiga malam untuk pembelajaran bahasa, empat malam untuk kajian kitab kuning dan satu hari untuk tahsin dan tahfiz Alquran.

Berkenanan dengan pembelajaran ini Mudir menegaskan bahwa pentingnya pembinna ini agar mahasiswa mempunyai bekal untuk kemajuan pribadinya dalam menunjang pendidikan. Beliau  berharap nantinya tetelah berakhirnya pembinaan ini, mahasiswa mampu berhasa arab dan bahsa inggris. bisa mengaplikasikan kemampuan bacaan kitab kuning yang diajarkan di Ma’had hingga bermanfaat untuk kesehariannya. kitika mereka pulang kekampung halamannya minimal ada hal baru yang bisa mereka berikan untuk orang disekeliling meraka  dalam istilahnya mengabdi untuk rakyat sekitar dan juga Mudir sangat berharap nantinya setelah mereka keluar dari Ma’had mereka bisa bersaing sampai ketingkat nasional dengan kemampuan bacaan kitab kuning, skli bahasa dan apa saja yang telah dilatih dalam program Ma’had  bisa  membawa mereka keluar dan mengharumkan nama kampus.(Msr)
banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.