HEADLINE

Latest Post
Loading...

26 October 2019

Peduli Pantai, GeNBI IAIN Lhokseumawe Laksanakan Go-Clean dan Health

Papan Informasi sebagai upaya masyarakat dalam menjaga Pantai
Foto. Fadhil


www.lpmalkalam.com-
Mahasiswa penerima beasiswa bank Indonesia yang tergabung dalam komunitas Generasi baru Indonesia (GenBI) Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Lhokseumawe laksanakan bersihkan pantai kawasan Lhok Puuk, Seunudon kabupaten Aceh utara.

Kegiatan yang berlangsung di pantai ungu, Sabtu (26/10/2019) diawali dengan jalan santai dan ceremonial yang dibuka langsung oelh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPW) Lhokseumawe kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon serta pendirian papan informasi berupa  himbauan bagi masyarakat agar  dapat berkontribusi dalam menjaga pariwisata pantai tersebut.

Xhori Alaskaleo selaku ketua GenBI saat wawancara mengatakan “lokasi pantai ungu merupakan pariwisata yang trending dalam beberapa tahun ini di media sosial, kami melihat potensi kunjungan wisata sangat banyak di pantai tersebut maka terselenggaralah kegiatan GenBI Go Clean- dan Health dalam rangkaian tema besar yaitu Bersih Indonesia.

Momen kebersamaan lintas sektor dalam kegiatan GenBI
Foto. Fadhil

Sementara itu, “kami melihat ada kekurangan dikawasan pantai ini yaitu banyaknya sampah dan kurangnya tempat sampah yang tersedia dan papan informasi untuk menjaga dan membuang sampah yang telah disediakan pun tidak ada.

"Dalam kegiatan ini kita juga menyediakan tempat sampah dan papan Informasi guna menambah pemahaman masyarakat terhadap menjaga kesehatan dari sampah dan terus menjaga pantai agar tidak terjadi abrasi dikawasan pariwisata laut ini, ujar Xhori.

Selain itu juga , Yufrizal selaku Kepala Perwakilan (KPW) Bank Indonesia Cabang Lhokeumawe, mengatakan “pantai merupakan salah satu tempat tujuan wisata, jika pantainya tidak bersih tidak ada wisatawan yang ingin berkunjung, oleh karena itu aksi ini jangan hari ini saja akan tetapi kegiatan hari ini menjadi pemicu untuk hari esok, silahkan komunitas lainnya untuk melakukan hal yang senada untuk memberikan aksi pemahaman kepada masyarakat kita agar terus menjaga pantai.

Ia menambahkan "Berbicara pariwisata, berbicara 3A2P, yang pertama Akses, akses jalan menuju pantai belum begitu bagus kedepan Pemerintaha dapat  memperbaiki akses menuju pantai, kedua Atraksi yaitu ada objek yang dapat dilihat ketiga Amenitas yakni tempat kenyamanan para pengunjung berupa Mushola dan Toilet harus diperbanyak lagi.

"Sedangkan 2P yaitu, pertama adalah Promosi, kami melihat promosi juga masih kurang dan tentunya promosi pantai juga ikut di promosikan oleh teman-teman mahsiswa melalui media sosialnya, terakhir adalah Pelaku usaha yang harus ramah dan menyediakan kebutuhan yang dibutuhkan para wisatawan, tutupnya".

Usai membersihkan kawasan pantai Ungu dari banyaknya Sampah
Foto. Fadhil
Kegiatan yang dilaksanakan Generasi Baru Indonesia IAIN Lhokseumawe diikuti 200 komunitas baik dari internal kampus dan eksternal kampus serta organisasi kepemudaan,kegiatan tersebut berakhir dengan pembagian dooprise yang disediakan oleh panitia pelaksana.


Reporter: Muhammad Fadhil
Editor    : Redaksi
 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.