HEADLINE

Latest Post
Loading...

16 January 2020

Kebenaran dalam Perspektif Media Sosial di Era Globalisasi

Foto: Maulana/ lpmalkalam

www.lpmalkalam.com- Derasnya arus globalisasi menjadikan manusia mudah untuk melakukan tindakan apapun atas dasar kebebasan berekspresi. Meskipun memiliki dampak positif yang besar namun dibarengi juga dampak negatif yang tidak kalah besarnya.

Banyaknya pengguna media sosial, tidak berarti menunjukkan bahwa negara tersebut semakin maju. Justru yang terjadi sebaliknya, karena mereka lebih asyik menjadikan media sosialnya untuk berbangga diri dan menyiarkan berita-berita hoax serta menyebabkan provokasi yang berunsur SARA, politik, maupun perseorangan.

Segala macam aktivitas di Internet tersebut dapat disalahgunakan atau mengandung resiko mengenai kemanannya. Hal yang harus kita ingat pada saat ini adalah media sosial juga merupakan suatu alat yang sebenarnya diperuntukkan bagi manusia untuk mendukung kebutuhan sehari-hari.

Ibarat sebuah pisau, baik atau buruknya kegunaan pisau itu bergantung kepada siapa yang menggunakannya. Baik ketika orang tersebut menggunakannya untuk memasak, mengupas buah, memotong buah, dan lain sebagainya. Tetapi menjadi buruk ketika pisau itu digunakan untuk melukai seseorang. Nah, sama seperti pisau, begitu jugalah media sosial di tangan manusia.

Media sosial dapat menjadi sesuatu yang baik ketika orang bijak menggunakannya. Contohnya, menyebarkan kalimat-kalimat motivasi yang membangun spirit orang lain di sekitarnya. Namun nyatanya, hal seperti apakah yang lebih banyak kita jumpai di media sosial?

Berdasarkan beberapa potensi yang dimiliki media, seyogyanya kita memanfaatkan media secara bijak untuk kepentingan positif. Hendaknya media tidak menjadi alat provokasi, memecah kesatuan, menanamkan kebencian, atau sekadar menjadi corong kepentingan pihak-pihak oportunis.

Media harus digunakan semata kepentingan yang mengarah kepada perubahan baik dan memberikan kebaikan kepada pembaca dan masyarakat umum.

Jangan sampai terprovokasi isu murahan, Mari cerdas dan selektif dengan berbagai isu.

Reporter | Maulana
Editor      : Redaksi
banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.