HEADLINE

Latest Post
Loading...

07 June 2021

Virus (Covid -19) Meningkat, LPPM Tetapkan Mahasiswa KPM Secara Mandiri

 

Foto : IST


www.lpmalkalam.com- Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Angkatan ke-V Gelombang II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe Semester Genap Tahun Akademik 2020-2021, KPM ditetapkan  mulai tanggal 21 Juni s.d 15 Juli 2021 dengan tetap memenuhi protocol kesehatan.

KPM dengan tema, “Mengabdi di Kampung dalam Masa Pandemi Covid 19 ini akan dilaksanakan secara mandiri di kampung masing-masing dalam jangka waktu 29 hari.

Berdasarkan hasil dari wawancara dengan pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dr. Said Alwi Spd. I, M.A, menjelaskan bahwasanya KPM merupakan suatu mata kuliah yang harus diikuti oleh mahasiswa pada semester akhir.

“Meski KPM tersebut dilakukan secara mandiri, setiap mahasiswa tetap mengirimkan sebuah laporan berupa dokumentasi kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),” jelas Sekretaris LPPM.

Dalam hal itu apabila ada mahasiswa yang berkeinginan untuk membuat kelompok atau tim KPM di salah satu kampung memiliki ketentuan yang harus dipenuhi seperti harus adanya izin dari geuchik setempat serta membuat surat permohonan dengan mencantumkan nama-nama peserta dan diserahkan kepada pihak LPPM.

“Tujuan utama dibuat KPM secara mandiri ialah untuk mencegah penyebaran virus Corona Disease (Covid 19) terkhususnya di Aceh yang sudah semakin meningkat. Maka dibuatlah KPM secara mandiri agar tidak beresiko baik itu kepada mahasiswa maupun di lingkungan masyarakat,” lanjut Dr. Said Alwi Spd. I, M.A.

Ia juga menambahkan, KPM tersebut bukanlah untuk menyulitkan melainkan mempermudah mahasiswa. Disitu mahasiswa tidak dituntut untuk membuat sebuah kegiatan melainkan untuk mengikuti setiap kegiatan yang ada di kampong tersebut serta tetap mendokumentasikan apa yang dikerjakan lalu dikirimkan kepada DPL.

Hasil dokumentasi selama 29 hari itu kemudian di buat dalam bentuk video dengan durasi maksimal 10 menit, lalu di upload ke media sosial masing-masing, baik itu Facebook, Instagram, Youtube dan sosial media lainnya dengan hastag: #iainlhokseumawe #iainlhokseumawemengabdi#kpmiainlhokseumawe2021 dan tag akun @iainlhokseumawe.ac.id.

“Mengenai pembuatan video dengan durasi maksimal 10 menit itu diambil dari hasil dokumentasi kegiatan selama masa pengabdian 29 hari. Kemudian di uploud di media sosial masing masing, baik itu di Facebook, Instagram, Youtube dan lain lain dengan tetap tag akun @iainlhokseumawe.ac.id. dengan menggunakan hastag: #iainlhokseumawe #iainlhokseumawemengabdi#kpmiainlhokseumawe2021,”

Sementara itu, ada beberapa atribut yang diserahkan pihak LPPM kepada  Peserta KPM berupa Badge, Topi, Masker, Handsanitizer, Buku Panduan KPM, dan Kartu Paket Data Internet yang  dapat diambil mulai tanggal 16 s/d 18 Juni 2021 di Laboratorium Center dari pukul 09.00 s.d 16.00 Wib.

”Mengenai atribut KPM untuk mahasiswa yang diluar daerah khususnya diluar Aceh Utara, Lhokseumawe dan sekitarnya itu akan dikirimkan langsung kepada mahasiswanya sendiri,” Tutupnya.

 

Reporter | Putri Zuhra Furna

Editor   : Redaksi

 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.