HEADLINE

Latest Post
Loading...

17 October 2021

Peringati Malam Pengamatan Bulan Internasional : HMJ Astronomi Islam Lakukan Pengamatan Bulan Terbatas

 
Foto: Dahlia Suryani Siregar/lpmalkalam.com

www.lpmalkalam.com - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Astronomi Islam IAIN Lhokseumawe lakukan pengamatan bulan internasional secara terbatas yang bertempat di Observatorium Ilmu Falak Gedung Laboratorium Center Kampus IAIN Lhokseumawe, Sabtu, (16/10/2021).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Malam Pengamatan Bulan Internasional atau International Observe the Moon Night (InOMN) yang merupakan kegiatan tahunan dan sudah digagas oleh para Astronom amatir dan profesional di Amerika Serikat Sejak tahun 2010 lalu.

InOMN dideklarasikan untuk memperkenalkan Bulan sebagai satu-satunya satelit Bumi secara ilmiah kepada masyarakat umum. Mengingat Bulan merupakan benda langit terdekat dengan bumi dan masyarakat memiliki banyak perspektif tentang bulan baik secara ilmiah maupun mitologi.

International Observe the Moon Night (InOMN) tahun ini telah disepakati jatuh pada tanggal 16 Oktober 2021 bertepatan dengan seperempat awal bulan Rabiul Awal 1443 H. Pada kesempatan ini, HMJ Astronomi Islam IAIN Lhokseumawe mengadakan kegiatan pengamatan bulan terbatas untuk mahasiswa jurusan Astronomi Islam IAIN Lhokseumawe yang dipandu langsung oleh Tgk. Ismail,S.Sy.,M.A, dosen Ilmu Falak jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe.

Foto: Dahlia Suryani Siregar/lpmalkalam.com


Taufik Hidayat Panjaitan selaku ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Astronomi Islam IAIN Lhokseumawe mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan di seluruh dunia dan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang keindahan alam ciptaan Tuhan.

“Ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan di seluruh dunia, yang mana kegiatan tersebut diselenggarakan oleh para astronom yang mempunyai alat dan observatorium di seluruh dunia, baik yang amatir, lembaga dan sebagainya. Edukasi kegiatan ini adalah untuk menunjukkan bahwa alam itu indah, mempunyai nikmat yang sesungguhnya dan memperlihatkan bahwa ciptaan Allah itu luar biasa," ungkapnya kepada wartawan LPM Al-kalam.

Ia juga mengatakan bahwa Himpunan Mahasiswa Jurusan Astronomi Islam telah memperingati kegiatan tahunan ini sejak 2018 dan berharap dapat melaksanakan kegiatan tersebut dengan lebih maksimal kedepannya.

"Harapan kami kegiatan ini dapat diselenggarakan dengan lebih optimal kedepannya, mungkin dengan streaming di YouTube atau bekerjasama dengan NASA. Sebenarnya kegiatan ini sudah direncanakan untuk dilakukan di luar, namun karena kondisi pandemi saat ini tidak memungkinkan, maka dari itu HMJ Astronomi Islam hanya membuatnya untuk ranah mahasiswa Astronomi Islam IAIN Lhokseumawe saja." Tutupnya.


Acara pengamatan ini dimulai sejak pukul 6 sore sampai pukul 8 malam dengan menggunakan 4 buah teleskop. Adapun karena cuaca mendung, bulan baru terlihat setelah waktu magrib sekitar pukul 7 malam.


Reporter : Dahlia Suryani Siregar

Editor   : Redaksi

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.