HEADLINE

Latest Post
Loading...

18 February 2022

Mahasiswa KPM Kecamatan Muara Dua IAIN Lhokseumawe Gelar MTQ se-Kecamatan Muara Dua

 
Foto: IST

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) KPM IAIN Lhokseumawe tingkat kecamatan Muara Dua resmi dibuka pada Rabu, 16 Februari 2022 pukul 14.00 WIB di Gampong Mns. Alue.


Kegiatan MTQ KPM IAIN Lhokseumawe ini bertema "Kreatif dan Inovatif Bersama Mahasiswa KPM Guna Mewujudkan Generasi Islam yang Cinta Al-Qur’an." Kegiatan ini merupakan program yang diusul dari mahasiswa yang sedang melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yaitu mengabdi di seluruh gampong yang berada di Kecamatan Muara Dua.


Adapun tempat pelaksanaan MTQ KPM IAIN LHOKSEUMAWE berlokasi di Gampong Mns. Alue dan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 16-20 Februari 2022. Pembukaan MTQ KPM IAIN LHOKSEUMAWE ini dihadiri oleh pihak kecamatan yang diwakili oleh bapak Muhammad Nasir, S.H dan Wakil Rektor III IAIN Lhokseumawe Dr. Al Husaini, M.A dan forum geuchik Kecamatan Muara Dua dan aparatur gampong Mns. Alue. 


Acara MTQ tingkat Kecamatan Muara Dua ini diikuti oleh 15 Gampong yang berada di kecamatan ini. Ada 2 Gampong yang tidak ikut serta yakni Gampong Keude Cunda dan Meunasah Blang. Keude Cunda tidak ikut serta karena tidak ada Mahasiswa yang melaksanakan KPM di Gampong tersebut, sedangkan Gampong Meunasah Blang sendiri kurangnya kesadaran dan partisipasi dari mahasiswa KPM di Gampong tersebut, jelas Amar Ma’ruf selaku ketua panitia.


Adapun cabang yang diperlombakan antara lain Azan, Tahfidz Qur’an dan Fahmil Quran/ Cerdas Cermat. Adapun jumlah peserta sebanyak 75 peserta yang terdiri dari cabang perlombaan Azan 15 peserta, Tahfiz 15 peserta dan Cerdas Cermat 45 peserta atau 15 regu. 


"Acara perlombaan MTQ ini berlangsung mulai pukul 14.00 wib hingga 17.30 wib saja. Malam tidak ada perlombaan," sebut Azhari selaku ketua umum KPM Muara Dua.


Azhari juga mengatakan penutupan akan dilakukan pada tanggal 20 Februari di tempat dan waktu yang sama. Dirinya menambahkan bahwa penyelenggaran MTQ KPM IAIN Lhokseumawe ini dilakukan dengan protokol kesehatan ketat dan panitia juga menyediakan alat cuci tangan serta membagikan masker kepada tamu yang hadir. Semua yang berada di lokasi wajib mengikuti protokol kesehatan. Peserta hanya boleh melepaskan masker saat tampil.


"Melalu momentum pelaksanaan MTQ ini, saya mengajak kepada kita semua agar senantiasa meningkatkan kualitas pengembangan Al Qur’an di Kecamatan Muara Dua, khususnya dalam rangka mendukung anak-anak demi mewujudkan Generasi yang Qur’ani," tutup Azhari.



Sumber: Rilis


Editor: Redaksi


banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.