HEADLINE

Latest Post
Loading...

15 November 2016

Supermoon di Langit IAIN Lhoksemawe



AL-KALAM-Lhokseumawe, Mahasiswa IAIN Lhoksemawe  menyaksikan Supermoon pada senin malam (14/11/16) yang di fasilitasi oleh UKM  Lembaga kajian ilmu falaq (LKIF) di halaman kampus Gedung Dakwah.

Pengamatan tersebut berlansung dari jam 18,00 sampai dengan jam 09.00. Untuk itu mahasiswa sudah tiba di tempat semenjak sore untuk menyaksikan bulan keluar dari ufuk timur. Seraya menunggu bulan keluar, Mahasiswa menunaikan shalat magrib terlebih dahulu dan kembali ketempat untuk melakukan pengamatan.

Bulan super adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/perigee). Istilah ini tidak diterima secara luas, terutama di kalangan ilmuwan. Secara spesifik, bulan super bisa merupakan bulan purnama atau bulan baru, yang jaraknya dengan bumi sekitar 10% atau kurang dari jarak lintasannya dengan bumi. Ketika fenomena ini terjadi, bulan nampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.(Wilkipedia)

Ini merupakan salah satu momen yang tidak semua orang dapat menyaksikan ini, yang mana ini akan tejadi pada beberapa tahun kedepan. Ujar Kiyamuddin Ketua UKM LKIF.

Secara teori Supermoon dalam satu tahun itu bisa terjadi dua kali sampe tiga kali. Namun kedekatan bulan seperti malam ini merupakan jarak yang paling dekat setelah tahun1944 silam. Ujar Ust Ismail pengurus pusat Studi Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe.(Idr)
banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.