HEADLINE

Latest Post
Loading...

10 August 2017

Siakad Belum Beroperasi Normal Mahasiswa IAIN Lhokseumawe Galau

(Tampilan siakad)
www.lpmalkalam.com- Lhokseumawe, kamis (10/8) baru-baru ini mahasiswa mengalami kesulitan ketika mengakses website resmi Sistem informasi akademik (Siakad) IAIN Lhokseumawe untuk berbagai keperluan mulai dari mengecek nilai di Kartu Hasil Studi (KHS), mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), atau berbagai hal lain. Perlu diketahui Siakad juga merupakan sistem yang berbasis online untuk menghimpun seluruh data-data mahasiswa mulai dari biodata, KRS, KHS, dan segala informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa melalui website tersebut.

Saat ini sistem informasi akademik belum dapat beroperasi secara normal ketika seluruh mahasiswa hendak mengisi KRS untuk keperluan mata kuliah yang akan dipelajari pada semester mendatang. Ketua Dewan Mahasiswa (DEMA) Fajar Buana mengatakan “mahasiswa saat ini sangat berharap adanya sosialiasasi yang matang tentang penggunaan  Siakad, agar memudahkan mahasiswa saat mengakses dan kita juga berharap website itu bisa menjadikan acuan mahasiswa dalam memperoleh informasi” ujar Fajar Buana.

Sementara itu, Kasubbag Akademik IAIN Lhokseumawe Fauzan S.Ag membenarkan terkait akses Siakad sedang dalam masa proses pengalihan “sistem akademik sering bermasalah disebabkan karena proses pengalihan dari sistem manual ke aplikasi karena semua data itu belum bisa tercover di Siakad”. Ujarnya ketika diwawancarai jurnalis mahasiswa Al-kalam seusai memberikan materi dikegiatan PBAK selasa (8/8) . Disamping itu, bahwasanya mereka kekurangan tenaga IT untuk mengawasi aplikasi Siakad sehingga jika ada bermasalah terhadap aplikasi tersebut yang harus diselesaikan secara teknis itu harus diselesaikan oleh operator yang harus belajar kembali, akan tetapi jika tenaga IT mampu langsung untuk menyelesaikan secara lugas jika bermasalah. Ketika sistem akademik dilimpahkan kepada fakultas masing masing, itu merupakan langkah awal untuk setiap fakultas berproses untuk menyelesaikan segala permasalahan pada setiap sistem akademik mahasiswanya. Jika tidak di dalam proses kita tidak siap, maka proses itu tidak akan siap”. Ujar Kasubbag Akademik.

Pengalihan sistem akademik dilakukan secara terstruktur dimasing-masing fakultas bukan di Biro Akademik. Sosialisasi telah dilakukan kepada operator kasubbag akademik di fakultas untuk memberikan informasi kepada seluruh mahasiswa tentang informasi regestrasi pengaktifan siakad pada seluruh fakultas yang ada di IAIN Lhokseumawe. Beliau juga mengatakan tatacara untuk mengaktifkan aplikasi siakad tersbut harus membuktikan slip pembayaran SPP semester yang telah di bayar beberapa hari yang lalu, membawa dan memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) untuk didaftarkan kembali ke sistem akademik agar terlengkapi semua biodata mahasiswa, sehingga mahasiswa bisa terkoneksi secara menyeluruh pada komponen-komponen di siakadMengapa KTP dan KK, kenapa tidak KTM saja? Karena di siakad diperlukan nomer induk penduduknya sedangkan di KTM tidak memiliki nomer tersebut untuk data yang lengkap. Fauzan S.Ag berharap agar tenaga IT nya berkompeten dan untuk server harus menggunakan server sendiri. (Mf)

    
banner
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. Udah Setahun Kami Kuliah, Tapi Belum Ada Juga KTM?
    Waktu kami tanya katanya Masih dalam proses...
    Masak setahun proses nya belum siap....

    ReplyDelete

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.