HEADLINE

Latest Post
Loading...

21 October 2022

Latih Skill di Lapangan, Mahasiswa Ilmu Falak Berpartisipasi dalam Kalibrasi Arah Kiblat Bersama Tim OIF UMSU

Foto: IS

www.lpmalkalam.com -  Mahasiswa Jurusan Ilmu Falak Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe kembali ikut serta dalam kegiatan kalibrasi arah kiblat bersama tim Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU Medan pada Kamis, (20/10/22).

Mahasiswa Jurusan Ilmu Falak semester VII yang sedang melaksanakan On the Job Training (OJT) di OIF UMSU Medan, yakni Aulia Rizqan As dan Alsam Dyan Saputra ikut membersamai dan terlibat langsung dalam melakukan kalibrasi arah kiblat di Masjid PWM SU Medan. Instrumen yang digunakan dalam kalibrasi arah kiblat tersebut adalah theodolit dibantu dengan posisi matahari.

Foto: IST
Dr. Tgk. Ismail, S.Sy., M.A selaku Ketua Jurusan Ilmu Falak Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut akan sangat membantu dalam melatih mental dan skill mahasiswa khususnya dalam mengukur arah kiblat jika nantinya diminta langsung oleh masyarakat.

Selain itu, persoalan kiblat menjadi penting untuk dikuasai oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Falak.

"Mengingat sampai saat ini masih banyak bangunan ibadah umat Islam yang belum terpenuhi standar ijtihad dalam menentukan arah kiblat sebagaimana yang dituntut oleh syariat,” jelasnya.


Reporter: Yuli Damayanti

Editor: Redaksi



 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.