HEADLINE

Latest Post
Loading...

26 November 2023

Kue Bolu Molen Produksi Warga Desa Manyang, Meurah Mulia

Foto: Fathanah 


www.lpmalkalam.com-  Siapa yang tidak tahu Kue Bolu Molen ini, pastinya rata-rata mahasiswa IAIN Lhokseumawe sudah tahu dengan namanya Kue Bolu Molen atau yang kerap di bilang Kue Bolen, karena kue tersebut sudah terdapat di Cafe-cafe sekitar kampus tersebut.

Dalam hal ini Mahasiswi KPM kelompok 8 IAIN Lhokseumawe tahun 2023 ikuti proses pembuatan Kue Bolen langsung ke Rumah Produksi Kue Bolen yang terletak di Desa Manyang, Meurah Mulia pada Selasa lalu (21/11/23).

Proses Pembuatan Kue Bolen tersebut dimulai dari adonan yang telah didiamkan selama 1 Jam, kemudian dipipihkan sebelum masuk ke alat penggilingan. Setelah digiling hingga lumayan tipis, dimasukkan pisang dan juga coklat untuk menambah rasa nikmat dari Kue Bolen tersebut.

Foto: IST

Cut Husnawati yang kerap dipanggil Kak Husna ialah seorang owner sekaligus yang memproduksi kue tersebut, usaha yang ia jalani ini kurang lebih sudah beranjak 2 tahun dari tahun 2021. 

Cut Husnawati memproduksi kue Bolen setiap harinya dan malamnya diantar ke sebagian besar Cafe yang ada di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Beberapa cafe itu termasuk TR Coffee, Culture Coffee, Arabica, Syeikh Kupi, Dayah Kupi, Geureudong Kupi.

Awal mulanya Kue Bolen yang tersebar di 60 cafe di Lhokseumawe dan Aceh Utara ini, berawal saat ia dan suaminya duduk di cafe, berpikir untuk dapat memproduksi kue yang tidak sama dengan yang lain, sebelum diterima secara tetap di cafe, kue Bolen diberikan taster dahulu di setiap cafe.

Foto: Fathanah 


Kue Bolen diproduksi setiap hari dari pagi hari sampai sore hari, di waktu malam siap diantar ke cafe Lhokseumawe, pembuatan dan pengantaran ini dibuat per grup secara bergiliran untuk 60 cafe.

"Setiap malamnya ada 15 cafe dalam setiap pengantaran, hingga nanti sampai habis giliran 60 cafe lanjut lagi ke cafe untuk grup pertama" ucap kak husna.

Ia juga menambahkan harapannya kedepan semoga produksi kuenya dapat meluas sampai ke daerah Bireuen dan Panton Labu.


Reporter: Fathanah

Editor: Redaksi 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.