HEADLINE

Latest Post
Loading...

08 December 2023

Ciptakan Pembelajaran Lebih Menyenangkan, KPM Kelompok 39 Edukasikan APE Hijaiyah Cup Magic kepada Guru PAUD Jeumala Amal

Foto: IST


www.lpmalkalam.com-  Kelompok 39 Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di Gampong Kumbang, Meurah Mulia melakukan edukasi Alat Pembelajaran Edukatif (APE) kepada guru-guru di PAUD Jeumala Amal pada Kamis (7/12/2023). APE yang dihasilkan diberi nama Hijaiyah Cup Magic sebagai alat bantu anak-anak dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah. APE yang dimaksud merupakan hasil kolaborasi antar mahasiswa KPM kelompok 39 di bawah arahan jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Alat Pembelajaran Edukatif (APE) saat ini menjadi hal penting dalam pembelajaran anak, khususnya anak usia 0-6 tahun. APE diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai edukatif (pendidikan) dan dapat mengembangkan seluruh kemampuan anak.  

Seperti namanya, Hijaiyah Cup Magic hadir sebagai alat pembelajaran anak dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah. Anak-anak di usia tersebut sudah seharusnya diperkenalkan dengan huruf hijaiyah dan harkah-harkahnya, mulai dari fathah, kasrah, hingga dhummah. Hal ini menjadi batu loncatan anak ketika nanti belajar membaca Al-Qur’an di usia selanjutnya. Hijaiyah Cup Magic adalah APE yang berbahan dasar cup kopi dengan kreasi sedemikian rupa sehingga menjadi alat pembelajaran edukatif untuk mengenal harkah huruf-huruf hijaiyah. 

Program kerja APE ini merupakan salah satu program yang dicanangkan sejak awal oleh kelompok 39 KPM Kumbang. Hal ini mengingat tersedianya sumber daya PAUD di gampong pengabdian. Sebelumnya, mahasiswa KPM kelompok 39 melakukan pendekatan dengan PAUD Jeumala Amal melalui partisipasi dalam proses pembelajaran yang  dilakukan  selama 4 minggu berturut-turut dengan sistem piket. Hingga pada akhirnya, edukasi sekaligus penyerahan APE Hijaiyah Cup Magic ini terlaksana sebagaimana mestinya. Penyerahan APE secara simbolis dilakukan disertai dengan penjelasan tata cara pemakaian.

“Semoga APE ini bisa bermanfaat bagi PAUD kami. Kami menerima dengan baik kenang-kenangan ini,” ucap Ibu Syarifah, salah satu guru PAUD Jeumala Amal.

PAUD Jeumala Amal sendiri merupakan satu-satunya PAUD yang saat ini berada di gampong Kumbang dengan menaungi sekitar 29 siswa yang berasal dari dalam dan luar gampong, sedangkan guru atau tenaga pendidik sejumlah 4 guru yang berkompeten di bidang pendidikan anak. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa PAUD Jeumala Amal masih bertahan sampai dengan sekarang

Mahasiswa KPM kelompok 39 menaruh harapan positif terhadap PAUD Jeumala Amal, terlebih lagi hadirnya sebagai sekolah kedua bagi anak setelah orang tua. Harapan positif ini direalisasikan penuh oleh KPM kelompok 39 melalui program-program kerja peningkatan kualitas pembelajaran PAUD Jeumala Amal, salah satunya dengan pengenalan Alat Pembelajaran Edukatif (APE).   


Sumber: Rilis

Editor: Redaksi 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.