HEADLINE

Latest Post
Loading...

08 December 2023

Kelompok 24 KPM IAIN Lhokseumawe Melaksanakan Kegiatan Pengolahan Pisang Untuk Memanfaatkan Aset Yang Ada Di Desa Pulo Drien Beukah.

Foto: IST


www.lpmalkalam.com- Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) institut agama islam Negeri Lhokseumawe kelompok 24 di desa Pulo Drien Beukah, kecamatan meurah mulia, Aceh Utara melaksanakan kegiatan pengolahan pisang menjadi keripik pisang lumer. Adapun kegiatan ini, di laksanakan pada hari Jum'at (8/12/2023) di gedung serba guna, desa Pulo Drien Beukah. 

Desa Pulo Drien Beukah merupakan wilayah dengan mayoritas penduduknya memiliki pekerjaan sebagai petani. Selain padi, salah satu komoditas pertanian yang jumlahnya cukup banyak di daerah ini adalah pisang. namun buah pisang yang langsung dijual cenderung memiliki harga yang rendah dan tidak dapat disimpan lama setelah dipanen, karena akan cepat sekali mengalami proses pemasakan dan mengarah kepada pembusukan. Untuk itu mahasiswa kuliah pengabdian masyarakat yang ada di desa tersebut, mengajak masyarakat khususnya ibuk-ibuk yang ada di desa Pulo Drien Beukah untuk mengolah pohon pisang menjadi keripik pisang lumer.

Keripik pisang merupakan makanan kering olahan yang dibuat dengan proses penggorengan irisan buah pisang hingga menghasilkan keripik yang gurih dan renyah. Bahan yang dibuat untuk keripik pisang biasanya berasal dari pisang yang masih mentah, tanpa bahan tambahan makanan lainnya. Jenis pisang olahan yang paling banyak digunakan untuk keripik pisang adalah pisang kepok, karena rasanya yang enak dan bentuknya yang mudah diolah.

Foto: IST

Dalam kegiatan pengabdian ini mahasiswa berperan sebagai perantara atau fasilitator untuk membantu terwujudnya harapan dan tujuan utama yaitu meningkatkan nilai jual pisang. Selanjutnya masyarakat dapat melanjutkannya dan memanfaat kan aset yang ada. Produk keripik pisang lumer ini memiliki nilai jual cukup tinggi, oleh karna itu mahasiswa memilih keripik pisang lumer  dengan alasan utama dalam pemilihan olahan keripik pisang ini. Pendampingan ini dilaksanakan secara langsung bersama dengan ibu-ibu yang ada di desa Pulo Drien Beukah.

"Saya sangat senang dengan adanya mahasiswa pengabdian masyarakat di desa saya Karena kegiatan yang mereka laksanakan dapat mendorong masyarakat desa kami untuk memiliki kemampuan dalam memanfaatkan aset sekitar dan potensi yang dimiliki" ujar  salah satu warga desa Pulo Drien Beukah.


Sumber: Rilis

Editor: Redaksi 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.