HEADLINE

Latest Post
Loading...

22 January 2024

Pemberdayaan Literasi Aksara Kelas: Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Lhokseumawe di MTsS Jabal Nur Paloh Lada

Foto: IST


www.lpmalkalam.com- Masalah rendahnya tingkat literasi di tengah dinamika pendidikan menjadi tantangan serius saat ini. Pemberdayaan literasi aksara kelas muncul sebagai respons terhadap kebutuhan mendesak untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa. Dalam upaya meningkatkan literasi aksara di kalangan siswa Madrasah Tsnawiyah Swasta (MTsS) Jabal Nur Paloh Lada, dosen dan mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Indonesia IAIN Lhokseumawe menggelar program pemberdayaan literasi aksara kelas. 

Mahasiswa semester III yang sedang mengampu mata kuliah Media Pembelajaran Bahasa Indonesia angkatan 2022 berkolaborasi dengan dosen untuk melakukan kegiatan pengabdian pemberdayaan literasi aksara di MTsS Jabal Nur yang berlokasi daerah Krueng Geukuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, (6/12/2023). Pengabdian ini mendapatkan respon positif dari Bapak Iskandar, S.Pd selaku kepala madrasah, “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi madrasah, kami berharap akan ada kegiatan lain selanjutnya yang dapat meningkatkan pembelajaran anak kami di sini dan kami mengucapkan terima kasih bagi para dosen dan mahasiswa IAIN Lhokseumawe yang sudah membuat pengabdian di MTsS Jabal Nur,” tuturnya. 

Foto: IST

Pengabdian ini merupakan integrasi dari perkuliahan MK Media Pembelajaran Bahasa Indonesia yang diampu oleh Ibu Lina Sundana, M.Pd. Mahasiswa membawa literasi aksara berupa poster yang memuat pantun, puisi, kata-kata motivasi, dan berbagai materi lainnya. Mahasiswa juga  membawa beberapa media pembelajaran seperti scrapbook, pop up book, dan media pembelajaran berbasis game lainnya. Siswa terlihat antusias belajar menggunakan media yang disimulasikan oleh mahasiswa. 

Foto: IST

Ketua Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Novi Diana, M.Pd berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan budaya literasi aksara dan pengenalan media pembelajaran sebagai fondasi awal bagi pertumbuhan intelektual dan kreativitas siswa dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat membawa peningkatan minat literasi bagi siswa/i MTsS Jabal Nur.


Sumber: Rilis

Editor: Redaksi 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.