HEADLINE

Latest Post
Loading...

15 June 2016

STAIN Malikussaleh Buka Penerimaan Beasiswa Tahfidz



Menghafal Al Quran atau lebih dikenal dengan istilah Tahfidz memiliki dua hal yang harus dipenuhi, yakni hafal dalam ingatan dan bisa mengucapkannya kembali di luar kepala tanpa membaca Al Quran atau catatan lain.

Ada banyak keutamaan bagi para hafidz dan hafidzah.  Bukan hanya keutamaan di sisi Allah, namun mereka juga bernilai lebih di mata manusia. Betapa tidak, menghafal ribuan ayat di luar kepala bukanlah sesuatu yang mudah. Membutuhkan usaha yang keras dan tantangan yang luar biasa . tidak sembarangan orang bisa menghafal Al-Qur’an.

Nah kabar bahagia buat para Hafidz dan Hafidzah STAIN Malikussaleh. Berdasarkan pengumuman yang suda di tempel di biro akademik. Untuk tahun ini, STAIN Malikussaleh Lhokseumawe membuka jalur beasiswa bagi mahasiswa(i)  Hafidz dan Hafidzah Al Quran.

“Akan ada sebanyak 17  orang  yang akan terpilih nantinya dan tidak ditentukan jumlah hafalannya. Ini merupakan hal positif yang memiliki dukungan oleh banyak pihak tentunya dan berharap akan terus berlanjut. Namun saat ini  belum ada kepastian apakah beasiswa tahfidz ini akan dibelakukan secara berkelanjutan. ” jelas Bastiar, S.HI,.MA, Wakil Ketua III STAIN Malikussaleh Lhokseumawe saat diwanwancara oleh Pers LPM Al-kalam, Selasa (14/6/2016).

Beliau juga menjelaskan bahwa beasiswa tahfidz ini sebelumnya dikelola oleh pusat , sedangkan kampus hanya mengumpulkan datanya saja.  Kemudian pada tahun 2016 ini sudah masuk ke DIPA STAIN Malikussaleh . Diharapkan beasiswa ini akan berlaku secara continue dan juga Quotanya lebih tinggi dari yang sekarang.

Beliau juga mempertegaskan bahwa beasiswa tahfidz ini tidak ada kaitanya dengan beasiswa prestasi yang kabarnya Quota hanya 100 orang . Mengingat hanya jumlah yang agak sedikit maka pada kali ini dibuat lebih ketat dengan beberapa persyaratan, misalkan IP ataupun IPK  yang agak tinggi. Saat ini sedang dimusyarahkan dengan team pengelola beasiswa tahfiz untuk mencari solusi bagaimana teknis pembagiannya sehingga tidak terjadinya kekecewaan di antara mahasiswa.


Kita berharap semoga dengan adanya beasiswa ini dapat menjadi salah satu cara bagaimana meningkatkan minat Mahasiswa/i untuk menghafal al-qur’an dan menjadikan al-qur’an bagian dari hidup mereka yang tidak mungkin ditinggalkan. (ND)
banner
Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. salam,,
    tapi persyaratannya kenapa mesti ada surat keterangan kurang mampu?, sedangkan itu bukan beasiswa miskin,,

    ReplyDelete
  2. salam,,
    tapi persyaratannya kenapa mesti ada surat keterangan kurang mampu?, sedangkan itu bukan beasiswa miskin,,

    ReplyDelete

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.