HEADLINE

Latest Post
Loading...

21 October 2022

Mahasiswa Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe Ikuti Pelatihan Penggunaan Sky Quality Meter

Foto: IST

www.lpmalkalam.comSejumlah mahasiswa Prodi Ilmu Falak Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe mengikuti pelatihan penggunaan SQM (Sky Quality Meter) yang dilaksanakan secara daring mulai pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB pada Rabu, (20/10/22).

Pelatihan ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh mahasiswa Ilmu Falak serta turut dihadiri oleh Tgk. Dr. Ismail, M.A. selaku ketua jurusan Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe. Pelatihan ini dibimbing langsung oleh Hariyadi Putraga, S.Pd. (Tim Peneliti dari Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). 

Foto: IST

Pelatihan ini melatih mahasiswa dalam menggunakan SQM mulai dari pemasangan alat hingga pengolahan data baik melalui excel maupun plot.

“SQM merupakan instrumen Falak yang digunakan untuk mengetahui kadar kecemerlangan langit atau kadar polusi udara suatu daerah sehingga bisa digunakan untuk mengetahui awal waktu shubuh dan Isya,” ungkap Hariyadi selaku pemateri.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa prodi Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe sebagai bentuk perwujudan skill lulusan Ilmu Falak yang nantinya harus mampu menyusun jadwal shalat dan mampu menjawab semua dinamika fiqh dan sains dalam bidang waktu shalat,” tutup Tgk. Ismail selaku kajur ilmu Falak IAIN Lhokseumawe. 


Reporter: Yuli Damayanti

Editor: Redaksi


banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.