HEADLINE

Latest Post
Loading...

30 November 2022

Belajar Tanpa Batas, Mahasiswa Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe Berlatih Instrumen Falak di OIF UMSU

Foto: IST

www.lpmalkalam.comSejumlah mahasiswa Jurusan Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe mengikuti Pelatihan Penggunaan Instrumen Falak di Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU) pada Jum’at lalu, (25/11/2022).

Sebanyak lebih kurang 10 orang mahasiswa Ilmu Falak semester VII bertolak ke Kota Medan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Adapun beberapa agenda dalam Pelatihan Penggunaan Instrumen Falak yang diadakan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB itu yakni pelatihan penggunaan instrumen falak klasik seperti Rubu’ Mujayyab, Mizwala dan kompas; pelatihan penggunaan instrumen modern seperti theodolit, teleskop dan GPS; pelatihan penggunaan beberapa Software Ilmu Falak seperti Accurate Times, Stellarium, dan Microsoft Excel hingga pemutaran video profil OIF UMSU serta video angkasa dan benda-benda langit lainnya.

Syahri Ramadhani, salah seorang mahasiswa Ilmu Falak semester VII IAIN Lhokseumawe yang ikut menghadiri pelatihan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan instrumen ilmu falak seperti ini sangat menarik, karena banyak ilmu yang dapat dipelajari khususnya dalam menggunakan beberapa instrumen yang belum tersedia di Observatorium Malikussaleh IAIN Lhokseumawe.

“Selain itu kita disana juga banyak diberi tahu tentang penampakan alam semesta melalui software, ada juga pengenalan benda-benda langit dinampakkan juga melalui software,” jelasnya.
Foto: IST
Aulia Rizqan AS, Ketua HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu kiat untuk menindaklanjuti MoU antara Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan IAIN Lhokseumawe. Selain itu, hal ini juga merupakan program pelatihan Ilmu Falak untuk pelajar dan mahasiswa yang diadakan oleh Observatorium Ilmu Falak. Sehingga pelatihan ini menjadi upaya agar mahasiswa Ilmu Falak dapat belajar sistem operasional sebuah observatorium yang ideal standar edukasi dan penelitiannya.

“Juga supaya mahasiswa dapat belajar dari OIF UMSU yang punya fasilitas lengkap dan tim peneliti khusus astronomi. Dan alhamdulillah semuanya sangat antusias dan juga mendapat ilmu dan pengalaman,” tambah Ketua HMJ Ilmu Falak tersebut.

Lebih lanjut Aulia pun berharap agar kedepannya OIF UMSU dapat kembali membuka pelatihan sejenis yang dapat diikuti oleh mahasiswa Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe.

“Dan juga mahasiswa Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe dapat berpartisipasi di kegiatan atau event-event besar Astronomi Islam baik yang diadakan oleh OIF UMSU atau lembaga-lembaga kajian Ilmu Falak yang lain,” tutupnya. 



Reporter: Dahlia Suryani Siregar


Editor: Redaksi


banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.