HEADLINE

Latest Post
Loading...

25 November 2022

Kelas Jurnalistik Hari Kedua Pemateri Sampaikan Materi Video Feature, Peserta Siap Mengimplementasikan

Foto: Wilda Putri Raihan/lpmalkalam.com

www.lpmalkalam.com - Kolaborasi LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Al-Kalam IAIN Lhokseumawe dengan Ekstrakurikuler Jurnalistik MAN Lhokseumawe bertajuk “Kelas Jurnalistik Road to MAN Lhokseumawe 2022 Cinematography in Journalistic” selama 2 hari berturut-turut diikuti oleh peserta dengan antusias hingga hari penutupan. Kamis (24/11/2022) di Aula Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Lhokseumawe.

Hari kedua kegiatan sekaligus penutupan, LPM Al-Kalam kembali mengundang pemateri  sebagai fasilitator selama kegiatan berlangsung. Adapun  materi yang disampaikan pada hari kedua yakni mengenai pokok pembahasan video feature. Hal ini sebagai acuan bagi peserta dalam mengasah skill di bidang jurnalistik visual. Selama kegiatan berlangsung, pemateri menyampaikan pembahasan secara komprehensif. Dalam memproduksi video feature tentunya memiliki kreatifitas tanpa batas dan harus dapat dikemas semenarik mungkin. Hal ini sangat berpengaruh pada topik yang akan diangkat nantinya dalam proses pembuatan video feature. 

Zikri Maulana (Contributor Kompas TV) selaku pemateri dalam paparannya menjelaskan bahwa, “Soft news atau feature yaitu berita yang santai, ringan dan paling kita lebih mikir ide dan tugas kita dalam mengambil gambar, seperti dengan kata lain berita lunak sejarah-sejarah dan informasi yang disampaikan secara mendalam namun tidak bersifat segera.” 

Ia juga menjelaskan dalam paparanya mengenai teknik membuat video feature, “Persiapan rekaman, yang pertama fokus gambar tidak jadul, kemudian iris cerah tampak bagian ukuran pengambilan gambar, komposisi gambar, stabil, dan kesinambungan gambar.”

Tidak hanya teori yang disampaikan oleh pemateri tetapi aksi dari peserta dituntut untuk diimplementasikan sehingga para peserta mudah dalam mengaplikasikanya karena pembahasan materi sudah mereka dapatkan. Aksi yang mereka lakukan berdasarkan kerjasama tim dalam artian setiap anggota mempunyai tugas masing-masing membuat video feature berdasarkan arahan pemateri. 

Adapun dalam proses pembuatan video, para peserta Kelas Jurnalistik kembali dibimbing oleh para mentor yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni terdiri dari 2 orang kru aktif dan magang LPM Al-Kalam. Setiap kelompok akan diarahkan oleh para mentor dalam mengerjakan tugas video di sekitar lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Lhokseumawe.

Setiap anggota kelompok ditekankan untuk dapat saling bekerjasama sehingga membentuk sebuah tim yang bersinergi. Selain itu, karya video yang dihasilkan pun harus memiliki beberapa unsur seperti pengenalan alur dan wawancara narasumber.

Foto: Yulianata Putri Ramadhani/lpmalkalam.com

Setelah sesi praktek lapangan, seluruh karya peserta dievaluasi langsung oleh pemateri sekaligus pemilihan karya terbaik dari setiap kategori video. Karya video reportase terbaik diperoleh oleh kelompok IV dan karya video feature terbaik diperoleh oleh kelompok III. 

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan cenderamata kepada MAN Lhokseumawe, Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik MAN Lhokseumawe, pemateri sekaligus memberikan hadiah kepada kelompok pemenang karya video terbaik.


Reporter: Najimah Munira

Editor: Redaksi

 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.