HEADLINE

Latest Post
Loading...

23 November 2022

Perdana, LPM Al-Kalam Wujudkan Kelas Jurnalistik Bersama MAN Lhokseumawe

Foto: Yulianata Putri Ramadhani/lpmalkalam.com

www.lpmalkalam.com – LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Al-Kalam adakan kelas jurnalistik pada Rabu- Kamis, 23-24 November 2022 di Aula Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Lhokseumawe. Kelas Jurnalistik Road to MAN Lhokseumawe  2022  Cinematography in Journalistic terpilih menjadi nama kegiatan jurnalistik yang diikuti oleh para siswa MAN Lhokseumawe.

Mengusung tema “Build Up Your Cinematografi, Get Up Your Creativity” menjadikan kelas jurnalistik diminati oleh jurnalis-jurnalis muda siswa MAN Lhokseumawe. Kelas jurnalistik sendiri merupakan kegiatan pembekalan materi terkait jurnalistik bidang sinematografi atau teknik perfilman sebagai bukti kontribusi LPM Al-kalam guna menunjang bakat dan kapasitas jurnalis muda  di Lhokseumawe.

Kelas jurnalistik Road to MAN Lhokseumawe  2022  Cinematography in Journalistic diadakan selama dua hari berturut-turut, mulai Rabu- Kamis, 23-24 November 2022. Pihak Al-Kalam sendiri mengundang dua pemateri dengan latar belakang profesi yang berbeda, yaitu Deni Muktahadi (Pimpinan Umum Puja TV Aceh) sebagai pemateri video reportase dan Zikri Maulana (Contributor Kompas TV sebagai pemateri video feature.

Foto: Maulidyatul Ukhra/lpmalkalam.com
Pembekalan jurnalistik terkait sinematografi diberikan pemateri lewat teori dan praktik lapangan langsung terkait materi tersebut. Mengenai hal ini, pihak Al-Kalam mengutus beberapa orang kru sebagai mentor kelompok kelas jurnalistik untuk mengarahkan sekaligus mengawasi siswa saat praktek lapangan berlangsung.

Alasan pemilihan MAN Lhokseumawe sebagai peserta kelas jurnalistik dikarenakan MAN Lhokseumawe adalah satu-satunya sekolah dengan ekskul jurnalistik di tingkat sekolah menengah atas. Hal ini diungkapkan langsung oleh M. Akbar, Pimpinan Umum LPM Al-Kalam dalam sambutannya. 

Kelas Jurnalistik Road to MAN Lhokseumawe  2022  Cinematography in Journalistic dimulai dengan beragam agenda pembuka, mulai dari laporan ketua panitia acara; kata sambutan dari Pimpinan Umum Al-Kalam, Kepala Sekolah MAN Lhokseumawe, dan Pembina LPM Al-Kalam; dan pembukaan acara oleh Wakil Rektor II IAIN Lhokseumawe, Dr. Darmadi, M.Si; serta pemberian materi sinematografi kepada peserta.

“Kelas Jurnalistik Road to MAN Lhokseumawe 2022 Cinematography in Journalistic ini bertujuan untuk mewadahi bakat dan kapasitas jurnalis, khususnya jurnalis muda tingkat sekolah menengah dalam hal jurnalistik,” ujar Alya Maulida Nabila selaku ketua panitia acara.

Selain itu, ia juga memaparkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 36 peserta siswa MAN Lhokseumawe dari berbagai tingkatan kelas yang tergabung dalam ekskul jurnalistik MAN Lhokseumawe. 

“Semoga dengan adanya kelas jurnalistik ini dapat membantu mewadahi minat dan kapasitas jurnalis muda di Kota Lhokseumawe mengingat keterbatasan kuantitas jurnalis saat ini,” tutup Alya dalam sambutannya.


Reporter: Rayhanun Jannah

Editor: Redaksi

 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.