HEADLINE

Latest Post
Loading...

25 November 2022

Mahasiswa IAIN Lhokseumawe Observasi Sejarah ke Rumah Kediaman Pahlawan Nasional Wanita Cut Meutia

Foto: IST

www.lpmalkalam.comSejumlah mahasiswa IAIN Lhokseumawe mengunjungi cagar budaya rumah kediaman Cut Meutia yang bertempat di Desa Masjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh pada Rabu lalu, (23/11/2022). Kini rumah yang dulunya merupakan tempat tinggal salah seorang pahlawan wanita Aceh tersebut menjadi salah satu situs sejarah.

Dalam hal ini mahasiswa melakukan observasi sekaligus belajar hal-hal terkait sejarah dan perjalanan hidup dari sang pahlawan nasional Cut Meutia, para mahasiswa pun melihat-lihat area sekitar. 

“Di sekitar area sisi luar atau halaman rumahnya, kami melihat ada tempat penyimpanan padi dan balai-balai tempat istirahat, ada juga tugu melambangkan perjuangan sang pahlawan,” ujar Muhammad Rizky Azdillah, mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam semester V yang turut serta dalam kunjungan itu.

Mahasiswa yang kerap disapa Rizky itupun menggambarkan keadaan saat dirinya beserta mahasiswa lainnya berkunjung ke kediaman Cut Meutia. Yang mana mereka diizinkan untuk masuk ke dalam dan di dalamnya juga terdapat banyak foto serta lukisan peningalan dari sang pahlawan dan keluarganya yang terpajang rapi pada dinding.

“Kami menaiki beberapa anak tangga karena rumah tersebut berbentuk seperti rumah adat Aceh dan di dalam rumah tersebut kami menemukan 2 kamar tidur, namun kamar tersebut sudah tidak ada isinya,” lanjut Rizky.
Foto: IST
Pada kunjungan itu, para mahasiswa juga mendapatkan kesempatan makan bersama keluarga dari sang pahlawan nasional, yakni cucu dari Cut Meutia yang merupakan cucu dari saudaranya yang masih dalam hubungan keluarga. 

“Dari penjelasan yang kami dapat bahwasanya cucu kandung dari cut meutia berada di jakarta dan menetap disana,” tambahnya.

Ia juga berharap agar masyarakat lebih tertarik dan memperhatikan peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Indonesia khususnya, serta menjaga juga turut melestarikan agar tidak punah ditelan zaman.

Dari kunjungan tersebut para mahasiswa mendapatkan banyak informasi tentang Cut Meutia mulai dari sejarah hidup hingga perjuangan-perjuangannya dan kemudian dinobatkan sebagai pahlawan nasional wanita Indonesia.


Sumber: Rilis

Editor: Redaksi


 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.