HEADLINE

Latest Post
Loading...

30 January 2023

Mahasiswa IAIN Lhokseumawe Ziarah ke Makam Tgk Chik Awe Geutah, Ulama Sufi Pada Masanya

Foto: IST

www.lpmalkalam.comPada hari Sabtu tanggal 3 Desember 2022 jam 11.30 WIB, kami berziarah ke makam Tgk Chik Awe Geutah yang terletak di Gampong Awe Geutah, Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen. Di kesempatan kali ini kami bertiga Muhammad Rizky Azdillah, Eka Munanda dan Firza Humaira yang merupakan mahasiswa IAIN Lhokseumawe. Tujuan kami ke makam Tgk Chik Awe Geutah yaitu untuk berziarah dan juga untuk mengetahui sedikit banyaknya sejarah masa hidup beliau.

Lokasinya sekitar 6 Km dari jalan raya Medan-Banda Aceh. Di makam tersebut ada keturunan ketujuh dari Tgk Chik Awe Geutah yang memandu siapa saja yang berziarah kesana. Awalnya kami dikira ingin mengambil tarikat, namun setelah kami jelaskan barulah kami bertanya jawab seputaran kisah hidup Tgk Chik Awe Geutah.

Informasi yang kami peroleh bahwa Tgk Chik Awe Geutah mempunyai hubungan erat dengan Tgk Chik Tanoh Abee, Jantho, Kabupaten Aceh besar, Banda Aceh. Beliau mengatakan jika ingin memperoleh informasi yang lebih maka alangkah baiknya juga berziarah ke makam Tgk Chik Tanoh abee.
Foto: IST
Di area pemakaman tidak diperbolehkan untuk memfoto dan memvideokan keadaan disana. Pada hari itu, Banyak orang yang berziarah ke makam Tgk Chik Awe Geutah dengan tujuan untuk menunaikan nazar. Ternyata banyak orang yang bernazar di makam ini. Disamping makam terdapat balee khalut (balai khalut) yang sudah berusia 1000 tahun lebih, disampingnya juga terdapat sumur yang airnya boleh diambil untuk diminum, cuci muka dan menyembuhkan penyakit. Sebelum pulang kami juga sempat meminumnya dan membawa pulang. Pengambilan air sumur ini harus cucu beliau yang menimbanya.
Foto: IST
Di luar area makam juga terdapat  beberapa rumah adat Aceh. Satu diantaranya yang masih terawat, usia rumah tersebut lebih kurang 700 tahun sedangkan yang lain pembangunannya terhenti dan belum siap. Di depan rumah adat Aceh ini kami diperbolehkan untuk berfoto. Di rumah ini menetap keturunan-keturunan dari Tgk Chik Awe Geutah. Letak makam beliau di bawah rumah yang beliau tempati semasa hidupnya. Karena rumahnya model panggung atau Rumoh Aceh, jadi di bawah rumah tersebut beliau dimakamkan. 


Penulis: Muhammad Rizky Azdillah (Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam semester V)
Editor: Redaksi


banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.