HEADLINE

Latest Post
Loading...

03 February 2023

IAIN Lhokseumawe Akan Segera Beralih Menjadi UIN, Ini Nama Resminya

Foto: IST

www.lpmalkalam.comInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe telah menyerahkan proposal peralihan status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) ke Kementerian Agama Republik Indonesia pada Selasa lalu, (31/01/2023).

Penyerahan dokumen proposal pengusulan alih status tersebut sudah memenuhi persyaratan menjadi universitas. Dalam hal ini Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Iskandar, M.Si. menyatakan IAIN Lhokseumawe akan beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) dan memilih nama menjadi UIN Sultanah Nahrasiyah.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan tersebut, nama Sultanah Nahrasiyah terpilih sebagai nama peralihan IAIN Lhokseumawe menjadi UIN nantinya karena ia merupakan salah seorang tokoh perempuan terpenting di Kerajaan Samudera Pasai.

“Alih Bentuk IAIN Lhokseumawe menjadi UIN Sultanah Nahrasiyah Lhokseumawe,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Lhokseumawe dikutip dari rri.co.id.

Peralihan status IAIN Lhokseumawe ini juga telah mendapatkan dukungan dari pihak pemerintah Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara. Walikota Lhokseumawe, Dr. Drs. Imran, M.Si., M.A menyambut baik dan mengapresiasi upaya tersebut serta akan mendukung penuh peralihan IAIN menjadi UIN. Ia pun berharap perubahan ini akan memberikan pengaruh positif bagi atmosfer akademik dan ekonomi di wilayah Kota Lhokseumawe dan juga Aceh Utara nantinya.

“Saya pribadi sangat mengapresiasi terhadap upaya Rektor IAIN Lhokseumawe untuk perubahan IAIN ke Universitas Islam. Kita akan mendukung sepenuhnya,” ucapnya.

Sejauh ini, IAIN Lhokseumawe telah memiliki 2 program studi dengan akreditasi unggul dan sejumlah dosen dengan kualifikasi doktor yang telah memenuhi persyaratan. Selain itu, luas lahan yang dimiliki IAIN Lhokseumawe pun sudah sangat memadai dengan letak yang strategis. Semua persyaratan yang diperlukan menurut Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr. Danial, M.Ag sudah terpenuhi.


Reporter: Dahlia Suryani Siregar

Editor: Redaksi


 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.