HEADLINE

Latest Post
Loading...

23 January 2023

Perdana, 10 Duta Kampus IAIN Lhokseumawe Resmi Terpilih

 
Foto: IST
www.lpmalkalam.com - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe mengadakan pemilihan duta kampus dengan tema “Generasi Kreatif Melebarkan Sayap Kampus Peradaban” yang dibuka pada tanggal 9 januari 2023. 

Pelaksanaan pemilihan duta kampus yang diadakan IAIN Lhokseumawe ini dilakukan dengan melwati 3 tahap yang dimulai dengan proses pembukaan pendaftaran pada tanggal 9-14 januari 2023. Pada tahap ini para calon duta kampus IAIN Lhokseumawe harus mengunggah 1 video yang berisi tentang informasi seputar kampus IAIN Lhokseumawe. Kemudia hasil video calon duta kampus diseleksi dan diumumkan pada tanggal 17 januari 2023. 

Setelah berhasil melewati seleksi tahap 1, para calon duta kampus yang terpilih selanjutnya melakukan seleksi tahap 2 yaitu sesi wawancara secara tatap muka pada tanggal 18 januari 2023 di Gedung Birokrat IAIN Lhokseumawe tepatnya di ruang ketua Kabag lantai 2. Pada tahap wawancara ini para calon duta kampus diberi pertanyaan seputar kepribadian.

Setelah melewati tahapan wawancara, dari 30 orang lebih calon pendaftar duta kampus akhirnya terpilihlah 10 duta kampus IAIN Lhokseumawe. 

Fitrah Rahmona, salah seorang duta kampus IAIN Lhokseumawe Angkatan 2020 prodi Manajemen Pendidikan Islam menjelaskan mengapa harus ada 10 duta kampus IAIN Lhokseumawe. Ia mengatakan, “Tujuan dari memilih 10 duta kampus IAIN Lhokseumawe ini sesuai dengan visi IAIN Lhokseumawe yaitu membangun pribadi yang unggul serta berwawasan global dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 10 duta kampus ini nantinya akan melakukan sosialisasi berkeliling Indonesia dan ke pelosok-pelosok kampung. Kenapa harus 10 orang karena tidak memungkinkan hanya 1 orang duta saja yang akan bersosialiasi ke semua daerah yang akan dituju. Nah dari 10 orang duta ini nantinya akan dibagi menjadi beberapa tim yang terdiri dari 2 atau 3 orang dan masing-masing tim akan dikirim ke kampung yang berbeda," jelasnya.

Adapun tugas dari 10 duta kampus ini ia menambahkan bahwa, “10 duta kampus yang telah terpilih bertugas untuk memajukan visi dan misi IAIN Lhokseumawe dimana saat ini IAIN Lhokseumawe sedang berprores beralih menjadi UIN.” 

Setelah selesai melaksanakan seleksi tahap 2, para duta kampus diberi pembekalan yang dilaksanakan 2 hari dari tanggal 19 dan 20 januari 2023. Pada pembekalan ini para duta kampus diberi materi tentang public speaking, tehnik-tehnik cara mempromosikan IAIN Lhokseumawe, meteri tentang etika, attitude, kejujuran, akhlak serta informasi seputar kampus seperti organisasi yang ada di kampus IAIN Lhokseumawe. 

Pada hari kedua pembekalan para duta kampus masih diberi materi adat istiadat dan moral serta dilanjutkan dengan proses penobatan dengan diselempangkan oleh ketua panitian yaitu Ibu Khansa.

Fitrah Rahmona memberikan kesan yang ia dapatkan pada saat tahap seleksi pemilihan duta kampus, ia mengatakan, "Kesan saya mengikuti duta kampus ini lebih banyak positifnya dan jusru tidak ada negatifnya karena saya lebih banyak mengetshui lagi tentang IAIN Lhokseumawe. Seperti misalnya pengetahuan tentang ternyata banyak terdapat ruang laboratorium tersendiri di setiap prodi IAIN Lhokseumawe. Misalnya seperti di prodi Ilmu Falak Fakultas Syariah ternyata terdapat laboratorium tersendiri untuk prodi tersebut dan fakultas FUAD terdapat laboratorium penyiaran radio di prodi Komuniakasi dan Penyiaran Islam. Saya juga lebih banyak lagi mengenal sejarah IAIN Lhokseumawe yang dibangun pada tahun 1969 dengan nama AIA lalu di tahun 1996 berganti menjadi STAIN kemuadian di tahun 2016 berganti lagi menjadi IAIN. Insyallah di tahun 2023 akan berubah lagi menjadi UIN dan kesan yang lebih menarik lagi yaitu bisa berkenalan dengan teman-teman yang berbeda jurusan bahkan berbeda fakultas yang awalnya 30 orang lebih calon duta kampus berasal dari fakultas Syariah, FEBI, FUAD dan FTIK dan terpilih menjadi 10 duta kampus yang dominan berasal dari fakultas FEBI dan FTIK,” tuturnya.


Reporter: Fitdaturrahmi (magang) dan Putri Azzahra Lubis

Editor: Redaksi

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.