HEADLINE

Latest Post
Loading...

15 July 2023

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Lhokseumawe Berhasil Lolos Sebagai Peserta ITHLA ABROAD BATCH 5 2023 (International Arabic Language Teachers Program)

Foto: IST

www.lpmalkalam.com- Fazlurrahman mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab ( PBA) berhasil lolos sebagai peserta ITHLA ABROAD BATCH 5 2023 (International Arabic Language Teachers Program) yang akan dilangsungkan di tiga negara yaitu Malaysia, Thailand dan singapura. 


(International Arabic Language Teachers Program) merupakan program guru bahasa Arab internasional yang dilaksanakan oleh ITHLA yang merupakan إتحاد طلبة اللغة العربية بإندونيسيا Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Se- Indonesia. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa dalam mengembangkan pendidikan bahasa Arab di luar negara yaitu Malaysia, Thailand dan Singapura yang akan dilaksanakan selama 2 pekan. ITHLA ABROAD BATCH 5 2023 merupakan kegiatan ITHLA Angkatan ke lima yang diikuti oleh 27 mahasiswa yang berhasil lolos dalam tahap penyeleksian yang berasal dari universitas PTKIN/S yang ada di indonesia. 

Fazlurrahman mahasiswa IAIN Lhokseumawe mengatakan sebelum lolos sebagai peserta ia mengikuti berbagai tahapan seleksi yang dimulai dengan tahap pendaftaran pada tanggal 15-25 Mei 2023 dilanjutkan dengan seleksi berkas pada tanggal 25 Mei- 5 Juni 2023.

 “Pada saat melakukan seleksi berkas panitia penyeleksi meminta peserta untuk membuat video microteaching untuk melihat seberapa jauh kualitas peserta dalam mengajar bahasa arab karena nantinya tujuan kami kesana bukan hanya untuk melakukan visit tour dan eksplor kebudayaan tetapi juga untuk mengajar bahasa arab di tiga negara tersebut” ungkap Fazlurrahman.

Kemudian tahap wawancara pada 6-15 Juni 2023 yang diseleksi langsung oleh pihak pimpinan pusat panitia dan berakhir pada tahap pengumuman pada tanggal 20 Juni 2023.  

 “Alhamdulillah dari puluhan peserta yang mendaftar se-indonesia dari seleksi berkas sampai dengan tahap wawancara pada tahun ini, saya lolos mewakili IAIN Lhokseumawe di kegiatan ITHLA ABROAD BATCH 5 2023 ini” tuturnya.

 kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 01-25 September 2023. Sebelum berangkat ke tiga negara, para peserta akan melaksanakan kegiatan pembinaan terlebih dahulu di Jakarta. 

Sebelum lolos sebagai peserta ITHLA ABROAD BATCH 5 2023 (Internarnational Arabic Language Teachers Program) Fazlurrahman telah mengikuti beragam kegiatan ITHLA yang dimulai dari tingkat se-sumatera, nasional yang dilaksanakan di Yogyakarta sampai ke internasional di tiga negara. Saat ini Fazlurrahman juga menjabat sebagai Wakil Ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) di DPW I sumatera. 

Fazlurrahman juga menyampaikan kesan dan pesan nya dalam mengikuti rangkaian kegiatan ini. 
“Saya mengucapkan syukur alhamdulillah karena telah dapat mengikuti berbagai macam seleksi yang dimulai dari tahap pendaftaran, pemberkasan hingga tahap wawancara saya juga menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak kampus yang telah membantu dalam memudahan tahap administrasi yang diminta oleh pihak panitia dan saya juga berterimakasih kepada guru-guru dan dosen-dosen saya khususnya di fakultas tarbiyah beserta teman-teman lainnya yang telah mensuport dalam kegiatan ini serta semoga diberi kemudahan untuk keberangkatan nantinya".

 Fazlurrahman juga menyampaikan pesannya kepada seluruh mahasiswa bahasa arab se-indonesia khususnya di IAIN Lhokseumawe agar para mahasiswa lebih semangat dalam mempelajari dan memperdalam bahasa Arab sehingga dapat mengajarkannya ke seluruh elemen masyarakat serta semangat dalam mengikuti event-event seperti ini.

Reporter: Fitdaturrahmi
Editor: Redaksi 
banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.