HEADLINE

Latest Post
Loading...

30 August 2022

Rehat 2 Tahun, IAIN Lhokseumawe Kembali Gelar PBAK Secara Luring

Foto: Dahlia Suryani Siregar/lpmalkalam.com

www.lpmalkalam.comIAIN Lhokseumawe kembali menggelar PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) secara tatap muka bagi mahasiswa baru tahun 2022 di gedung serbaguna IAIN Lhokseumawe, Senin (29/08/2022).  

Kegiatan yang sempat terhenti selama 2 tahun akibat pandemi COVID-19 ini akan digelar selama 3 hari berturut-turut dengan mengusung tema "Spirit Of Islamic Intellectual" dan diikuti oleh sekitar 1.139 mahasiswa baru IAIN Lhokseumawe tahun 2022. 
Foto: Dahlia Suryani Siregar/lpmalkalam.com
Menurut Kafrawi, S.Ag., M.A selaku ketua panitia, pemilihan tema kegiatan PBAK kali ini sebagaimana diharapkannya tumbuh semangat baru mahasiswa yang menjadi garda terdepan dalam mengembangkan pemikiran-pemikiran yang islami.

“Jadi mahasiswa IAIN ini adalah harapan kita untuk membangun peradaban yang islami,” ujarnya saat diwawancarai oleh kru LPM Al-Kalam.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa pemateri yang akan mengisi kegiatan PBAK 2022 selama 3 hari berasal dari dalam maupun luar kampus. Diantaranya yakni pihak rektorat, Kapolres, pihak Korem, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan juga turut diisi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lhokseumawe. 

“Materi yang disampaikan oleh pemerintah sangat penting bagi kita, khususnya untuk mengikat korelasi antara pendidikan dan pemerintahan,” jelasnya.

Selain itu, pada hari kedua PBAK para peserta juga akan mendapatkan materi dari pihak Dekanat di fakultas masing-masing. Adapun hari ketiga akan diisi penuh oleh mahasiswa baik dari Organisasi Mahasiswa (Ormawa) maupun Unit Kegiatan Mahasiswa dan Unit Kegiatan Khusus (UKM/UKK) di lingkungan kampus IAIN Lhokseumawe.

Dalam kegiatan PBAK 2022, para peserta dibagi dalam 60 kelompok dengan sistem acak yang setiap kelompoknya berjumlah lebih kurang 20 orang. Masing-masing kelompok juga akan diawasi dan diarahkan oleh beberapa mentor dalam setiap kegiatan luar ruangan yang akan dilakukan.

Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr. Danial, M.Ag. dalam sambutannya berharap seluruh mahasiswa dapat berkontribusi dan menjadi sarjana yang kokoh akan akhlak dan imannya.

"Saya berharap bagi seluruh mahasiswa baru yang sudah memasuki gerbang kampus IAIN Lhokseumawe dapat menjadi mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik maupun non-akademik yang bagus, mempunyai pengalaman organisasi yang bagus dan yang paling utama bagus pula akhlaknya," pungkasnya.

Danial juga berharap selama kegiatan PBAK berlangsung, seluruh panitia dan pemateri memperkenalkan budaya akademik dan tidak ditolerir sedikitpun untuk memperkenalkan budaya kekerasan. Setelah kegiatan PBAK ini diharapkan pula kepada seluruh mahasiswa baru dapat lebih mengenal kampus, karyawan, dosen, sesama mahasiswa, jurusan, serta UKM dan UKK.  


Reporter: Haris Fajar Fadhillah


Editor: Redaksi 


banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.