HEADLINE

Latest Post
Loading...

24 September 2022

HMJ-MPI Selenggarakan Musabaqah Syarhil Qur’an Demi Kembangkan Potensi Insan Qur’ani

Foto: Putri Azzahra Lubis/lpmalkalam.com

www.lpmalkalam.comHimpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (HMJ-MPI) melaksanakan kegiatan Musabaqah Syarhil Qur'an bertemakan “Mengembangkan Potensi Intelektual Peserta Didik Sebagai Insan Qur'an dalam Pengamalan Nilai-Nilai Islam” pada Sabtu, (24/09/2022) yang diikuti lebih kurang 30 siswa-siswi SLTA sederajat.

Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Afrizal. Ketua jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Dr. Muhammad Fadli, M.Pd. mengungkapkan tanpa kerja keras dan semangat panitia kegiatan tersebut tentu tidak dapat berjalan. Kegiatan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa sains, ilmu politik, ilmu ekonomi, bahkan ilmu manajemen tidak jauh dari Al Qur'an dan bagaimana Islam mengajarkan mengelola sumber daya manusia yang baik dan semua itu terdapat dalam Al Qur'an. 

Dirinya mengungkapkan pada tahun 1900 awal, Belanda dapat menghancurkan sebuah peradaban dengan pendidikan.

“Intinya ilmu itu penting, Al-Qur'an sudah menyediakan itu semua. Sekarang tinggal kita yang menggali potensi yang ada pada diri kita dengan Al Qur'an,” ucapnya. 
Foto: Putri Azzahra Lubis/lpmalkalam.com
Dalam wawancara kru LPM Al-Kalam bersama salah seorang peserta siswa MAN 3 Aceh Utara, Raihan Maulana menjelaskan persiapan yang dilakukan sekitar 3 hari sebelum kegiatan dilaksanakan. Banyak hal yang membuat peserta kurang memaksimalkan waktu mulai dari agenda kegiatan yang padat di sekolah sehingga kurangnya waktu latihan, mereka pun terpaksa latihan di luar jadwal sekolah. 

Fatwa Ramadhan selaku ketua panitia mengungkapkan tidak ada kendala yang dialami selama proses kegiatan, justru kegiatan ini berjalan lancar di luar ekspektasi. 

“Tujuan diadakan kegiatan ini agar kita sebagai insan manusia selalu ingat akan yang ada dalam kehidupan Islam yaitu Al-Qur'an dan hadits untuk mencapaikan intelektual yang baik kedepannya,” ujarnya. 

Sekitar pukul 3 sore saat kegiatan sedang berlangsung, ketua panitia acara berinisiatif untuk mencairkan suasana forum kegiatan dengan memberikan kuis berhadiah berupa voucher dan bingkisan. Dua orang perwakilan siswa-siswi MAN 3 Aceh Utara, MAS Jabalnur,dan satu siswi dari MAS Misbahul Ulum mewakili peserta dalam kuis tersebut. 

Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 08.30 WIB sampai dengan 16.15 WIB. Ketua umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (HMJ-MPI), Ranzani Sulpani mengevaluasi hasil kegiatan bersama seluruh panitia dengan agenda rapat di akhir acara. Dirinya mengucapkan terimakasih atas kerja sama seluruh panitia dan berpesan jangan pernah puas serta tetap terus belajar menjadi lebih baik ke depan nya. 


Reporter: Putri Azzahra Lubis

Editor: Redaksi


banner
Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. Terimakasih kepada LPM AL- KALAM . Dan terima kasih juga kepada tim redaksi, Reporter (Putri Az-Zahra lubis) yang telah meliput kegiatan Himpunan mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (HMJ MPI).
    #jayaselalu
    #tetapsemangat

    ReplyDelete
  2. Waw hasil yang sangat Luar biasa, terimakasih kepada LPM AL-KALAM Atas partisipasinya dalam meliput dan meninjau kegiatan HMJ MPI, Terutama kami ucapakan terimakasih dengan sangat kepada Reporter nya yakni Putri Azzahra Lubis karena telah memberikan kontribusi dalam Event kami serta menebarkan Citra Positif yang baik. Semoga dapat terus berkembang dan semakin maju untuk kedepannya.
    #LuarBiasa
    #SuksesTerus

    ReplyDelete

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.