HEADLINE

Latest Post
Loading...

21 December 2023

Apakah Terdapat Ruang Kritik Dalam Demokrasi?

Foto: Pexels.com

www.lpmalkalam.com- Apakah benar tanah raya bumi pertiwi ini menganut paham demokrasi? Jika ia apakah sistemnya sudah terealisasi dengan benar? Atau kata demokrasi hanyalah dijadikan sebagai topeng penutup agar tanah raya yang diberi julukan negara seribu pulau ini memiliki bentuk pemerintahan yang jelas dan dikenal oleh dunia. 

Istilah demokrasi berasal dari bangsa yunani yang berasal dari dua kata yaitu “demos” yang bermakna rakyat dan “kratos” yang bermakna pemerintahan. Banyak negara yang menjadikan demokrasi sebagai sistem pemerintahannya. Namun apakah ucapan dari mantan presiden AS yaitu Abraham Lincoln yang mengatakan bahwa demokrasi adalah Government of the people, by the people and for the people benar adanya. Kekuasaan rakyat, untuk kepentingan rakyat dengan perantaraan rakyat. 

Rakyat yang berperan untuk memberikan aspirasi dan pendapat, rakyat yang memegang kekuasaan dan memilih akan jadi apa dan diapakan bumi tempatnya berpijak. Namun, pada akhirnya mengapa mereka juga yang menyesal karena salah memilih mengukuhkan dewan pengadu nya hingga menghasilkan ruang yang tidak nyaman, membatasi dan memberikan kesengsaraan karena telah menutup keadilan dan hak yang seharusnya mereka peroleh sendiri.

Banyak dari mereka yang kecewa karena pada akhirnya dewan pengadu yang ditunjuk sebagai penguasa yang mereka impikan akan mensejahterakan kehidupan mereka namun sayangnya sang penguasa malah lebih mengedepankan kepentingan sekelompok orang. Apakah mereka diberi ruang untuk memberikan tanggapan dan saran? Banyak dari mereka yang Hanya sekedar memberikan pendapat dan argumentasi dari cara pandang mereka untuk diusulkan dan berharap dapat direalisasikan oleh para sang penguasa.

Namun, terdapat beberapa dari mereka yang telah memberikan tanggapan dan saran tetapi hanya didiamkan atau bahkan sampai diancam karena dianggap telah membangkang dan menentang aturan yang telah ditetapkan. Lalu bagaimana dengan slogan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Mungkin hanyalah kalimat fantasi saja tanpa implementasi yang tepat di tanah raya ini.


Oleh: Fitdaturrahmi

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.