HEADLINE

Latest Post
Loading...

30 September 2022

Persiapan Tahap Wawancara, Calon Kru LPM Al-Kalam 2022 Ikut Pembekalan

Foto: Yulianata Putri Ramadani/lpmalkalam.com

www.lpmalkalam.com –  Tahap Open Recruitment masih berlanjut, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al- Kalam adakan kegiatan pembekalan calon anggota baru, Jum’at (30/09/22) di ruang sekretariat LPM Al- Kalam, IAIN Lhokseumawe.

Sebagai salah satu tahapan Open Recruitment, LPM Al kalam mengundang dua demisioner sebagai narasumber sekaligus pemateri dalam kegiatan pembekalan. Aulia Rahmat, S.Pd dan Putri Zuhra Furna, S.Sos hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, diketahui keduanya merupakan pimpinan umum (Pimum) LPM Al- Kalam tahun 2017 dan 2021. 

Foto: Yulianata Putri Ramadani/lpmalkalam.com
Pembekalan calon anggota baru 2022 dihadiri oleh 24 peserta dengan semester, asal kota, dan jurusan yang berbeda- beda. Tidak hanya itu, dalam  Open Recruitment tahun  ini juga banyak diikuti oleh mahasiswa- mahasiswa luar Lhokseumawe-Aceh Utara, mulai dari Medan, Padang, Aceh Timur, Bener Meriah, dan kota- kota lainnya.

Kegiatan pembekalan calon anggota baru dibuka oleh sambutan pimpinan umum LPM Al- Kalam, M. Akbar. Ia beserta kru LPM Al- Kalam lainnya sangat antusias mempersiapkan kegiatan ini guna terselenggaranya pembekalan calon anggota baru sesuai tujuan organisasi.

Akbar memandang organisasi khususnya LPM Al- Kalam sebagai sebuah hal penting dalam kehidupan perkuliahan, namun bukan pula berarti perkuliahan dinomorduakan. Menurutnya, keselarasan dan manajemen waktulah sebagai kunci.

Berbicara tentang organisasi LPM Al- Kalam, eksistensi organisasi ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari kerja keras kru Al-Kalam saat Open Recruitment, mulai dari Kegiatan PBAK 2022 berlangsung hingga Open Recruitment dibuka.

Calon anggota baru LPM Al kalam mengakui bahwa mereka mulai mengenal Al- Kalam dari kegiatan PBAK 2022 dan melalui berbagai media Al- Kalam, baik itu Instagram, Tiktok, maupun website resmi Al- Kalam

Aulia Rahmat, hadir sebagai salah satu narasumber dalam pembekalan calon anggota baru tahun ini. Aktif di bidang kehumasan kampus, dirinya menunjukkan kemampuannya secara nyata dalam hal jurnalistik.

”Al-Kalam memiliki beberapa bidang, mulai dari reporter, fotografi, videografi, hingga desain grafis. Namun, semua bidang tersebut merujuk pada kemampuan menulis berita,” ujarnya.

Aulia merasa bidang-bidang jurnalistik dalam LPM Al- Kalam berperan sebagai titik fokus dalam menulis berita. Saat pembekalan, dirinya memaparkan sedikit banyaknya sejarah perjalanan LPM Al-Kalam dan urgensinya di lingkungan kampus.

Putri Zuhra Furna, Pimpinan Umum LPM Al-Kalam tahun 2021 yang saat berstatus sebagai wartawan AJNN.Net turut memberikan gambaran-gambaran kepada calon kru mengenai aksi langsung para jurnalis di lapangan. Mengingat kedepannya, para calon yang berhasil lulus dan menjadi kru aktif akan sering berada di lapangan bersama narasumber.

“Yang terpenting adalah kemauan dan keyakinan. Seorang jurnalis juga harus mampu memahami narasumbernya, supaya tidak ada kata-kata atau pertanyaan kita yang akan menyinggung narasumber dan malah menimbulkan masalah kedepannya,” ujar putri saat memberikan pembekalan.

Berbicara tentang bidang- bidang jurnalistik LPM Al- Kalam, tercatat bahwa bidang yang paling banyak diminati oleh calon kru tahun 2022 adalah bidang reporter. Hal ini diperkirakan merupakan hasil dari kerja keras kru LPM Al- Kalam saat kegiatan PBAK 2022 lalu, saat mahasiswa baru lebih banyak disuguhkan live-live report sebagai produk dari Al- Kalam. 


Reporter: Rayhanun Jannah

Editor: Redaksi

 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.