HEADLINE

Latest Post
Loading...

17 November 2022

Ormawa FTIK Laksanakan Acara Maulid, Hadirkan Abi Sufi Paloh Gadeng Sebagai Penceramah

Foto: Muhammad Farhan 

www.lpmalkalam.comOrganisasi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (Ormawa FTIK) sukses menggelar kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H yang dilaksanakan pada tanggal 16 november 2022 dengan tema “Menjadikan Rasulullah Saw Sebagai Suri Tauladan dan Menjaga Aqidah Serta Ukhuwah Islamiah” yang diselenggarakan di depan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. 

Acara itu dibuka dengan zikir maulid dari grup sholawat Misbahul Huda dan 2 mahasiswa perwakilan dari Dema FTIK sendiri serta pembacaan ayat suci Al-quran dari Misrahul Huda. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia, ketua DEMA, dan Dekan FTIK serta perwakilan Wakil Rektor III IAIN Lhokseumawe. Acara ini juga diisi dengan pemberian tausiyah dari Abu Sufi Paloh Gadeng.

Bagas Nirwana Selian, selaku ketua panitia mengatakan bahwa, “Tujuan berlangsungnya Maulid Nabi ini adalah untuk memperingati hari kelahiran nabi Muhammad, karena kita sebagai orang muslim setiap 12 Rabiul awal memperingati kelahiran nabi dengan cara mengadakan acara maulid nabi ini." 

Ia juga menjelaskan mengenai waktu pelaksanaan acara maulid nabi yang diselenggarakan pada pertengahan bulan dimasa para mahasiswa sedang melaksanakan UTS.

“Hal ini dikarenakan acara ini bentrok dengan acara festival MTQ, yang mana seharusnya acara ini dapat dilaksanakan lebih awal lagi namun karena fasilitas acara sudah terpakai untuk festival MTQ jadi acaranya ditunda," jelasnya.

Bagas juga mengungkapkan bahwa tempat yang kurang memadai menjadi kendala dalam kegiatan tersebut karena seharusnya dilaksanakan di lapangan yang lebih besar bukan di dekat jalan. Namun karena hujan dan mengakibatkan adanya lumpur jadi tidak mungkin untuk diadakan di tanah yang berlumpur.
Foto: Muhammad Syahru (magang)
Adapun mengenai dana yang diperoleh untuk acara ini ia mengungkapkan, "Dana ini dari mahasiswa untuk mahasiswa lagi yang sudah ditentukan pihak panitia sebesar Rp5.000 dan ada juga dari dosen pribadi. Sumbangan mahasiswa digunakan untuk menyewa tenda, tikar, sound, panggung dekorasi serta parsel dan aqua botol untuk para tamu undangan,” ungkapnya.

Sementara itu mekanisme pembagian konsumsi bagi tamu undangan dan mahasiswa IAIN Lhokseumawe yaitu para tamu undangan termasuk dosen, Dema IAIN dan tamu dari luar disediakan prasmanan di ruang akademik. Sedangkan mahasiswa membawa nasi sendiri dari rumah masing-masing, para mahasiswa membawa dua bungkus nasi yang mana satu untuk pribadi dan satunya lagi untuk disedekahkan kepada ormawa kampus.

Ketua DEMA FTIK Saryulis juga memberikan tanggapannya seputar acara maulid tersebut. Dirinya mengatakan, “Acara ini merupakan salah satu proker besar yang kami usulkan di waktu raker Dema FTIK pada bulan januari 2022 yang sudah kami rencanakan dan kami rancang, alhamdulilah kegiatan ini berjalan lancar.” 

Tak lupa ia juga mengungkapkan rasa terimakasih dan apresiasi kepada segenap Ormawa FTIK yang sudah bekerja sama dalam acara ini.

Saryulis juga berharap bahwa kegiatan ini akan terus terlaksana untuk periode ke depan dan bisa menjadi contoh untuk kepengurusan kedepannya guna untuk lebih meningkatkan kegiatan keislaman yang diperingati setahun sekali.

Salah seorang mahasiswa IAIN Lhokseumawe, Mawaddah Hasibuan yang hadir dalam acara ini juga turut memberikan tanggapan. 

"Acara maulid ini sangat mendukung untuk para mahasiswa terutama mahasiswa yang berasal dari luar daerah Aceh untuk mengenal kegiatan maulid ini di daerah Aceh itu lebih diutamakan sedangkan di luar daerah Aceh maulid itu mungkin hanya diadakan di masjid sekali saja berbeda dengan di Aceh,” ungkapnya.

Dalam acara ini juga turut hadir Presiden Mahasiswa IAIN Lhokseumawe, yakni Muhammad Muchsal Mina. Ia menjelaskan bahwa panitia yang terlibat dalam acara ini bekerja dengan sangat baik dan kompak sekaligus mengungkapkan mereka layak diberikan apresiasi sebesar-besarnya.

Adapun para tamu yang berhadir dalam kegiatan maulid ini bukan dari dalam kampus IAIN Lhokseumawe saja, panitia kegiatan juga mengundang perwakilan dari berbagai kampus yang ada di Lhokseumawe dan Aceh Utara khususnya.

Malik Imran selalu perwakilan dari POLTEKKES Aceh Utara memberikan kesan bahwa dirinya sangat kagum dengan panitia pelaksana karena sangat kompak saat melangsungkan acara dan berpesan agar kedepannya bisa lebih baik lagi serta menjalin silaturahmi dengan ketat seperti saat ini.


Reporter: Fitdaturrahmi dan Griselda Ayu Cantika (magang)

Editor: Redaksi

 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.