HEADLINE

Latest Post
Loading...

06 March 2023

Eksistensi Solidaritas, Mahasiswa PBA Kembali Kirimkan Delegasi SIMBA IAIN Langsa

Foto: IST

www.lpmalkalam.com – Sebagai bentuk penghormatan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Lhokseumawe lakukan pelepasan delegasi dalam rangka ikuti SIMBA (Silaturahmi Mahasiswa Bahasa Arab) se-Sumatera pada Senin, (6/3/2022).

Pelepasan delegasi mahasiswa dari jurusan  PBA  dilakukan sebelum berangkat menuju ajang kegiatan SIMBA (Silaturahmi Mahasiswa Bahasa Arab), hal ini didampingi langsung  oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Wakil Dekan III, serta Kajur dan Sekjur  PBA. 

SIMBA merupakan suatu ajang kegiatan menumbuhkan solidaritas tinggi, sehingga  memberikan dampak positif bagi Mahasiswa Bahasa Arab. Eksistensi ITHLA  menjadi bukti atas terbentuknya persatuan mahasiswa Bahasa Arab di seluruh Indonesia dengan pembagian enam wilayah. Hal ini wilayah sumatera merupakan wilayah I ITHLA/DPW (Dewan Pimpinan Wilayah ITHLA I Sumatera). 

SIMBA ini diadakan setiap setahun sekali dengan menerapkan berbagai rangkaian kegiatan yang diperlombakan.

Adapun kegiatan simba diadakan di IAIN Langsa dengan membawa delegasi 23 peserta umum dan 6 peserta dari demisioner dan didampingi oleh Sekjur. Rana Teriza selaku ketua HMJ PBA mengatakan,  “Delegasi yang terpilih dilakukan oleh jurusan secara seleksi  bagi peserta yang mengikuti perlombaan dan selebihnya itu ikut partisipasi mencari relasi baru di keluarga bahasa Arab se-Sumatera.”

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, 7-9 Maret 2023 diisi dengan pembukaan (di hari pertama),  pelantikan DPW I dan seminar internasional  (di hari kedua) dan penutupan di hari ketiga.  

Perlombaan terdiri dari 9 cabang yang  bersifat individu dan tim. Mahasiswa PBA juga memberikan kontribusi penuh terhadap kegiatan SIMBA dengan mengikuti rangkaian lomba sesuai dengan skil yang mereka punya. 

Dalam penuturannya, Rana Teriza juga menjelaskan alasan tidak diadakannya simba di IAIN Lhokseumawe. 

“Jadi pertama waktu itu sudah diserahkan serialnya untuk IAIN Lhokseumawe, cuma disini ma'had belum ada izin masih illegal bukan punya kampus jadi tidak diizin oleh pihak biro.”

Ia juga berharap, “Insya Allah kami setiap cabang itu ada mengeluarkan peserta dan target kami Insya Allah menjadi juara umum.”

Aina Salsabila selaku Ketua Jurusan PBA memberikan tanggapan untuk mahasiswa PBA, “Kedepannya mudah-mudahan bisa terus semangat dan mengasah potensi diri mereka baik dalam Bahasa Arab arab khususnya dan juga minat mereka dalam Bahasa Arab umumnya. Jadi setiap-setiap mereka itu pasti ada kecenderungan mereka sendiri dimana minat mereka.”

Kegiatan ini tentunya memberikan dampak positif bagi mahasiswa tidak hanya difokuskan pada cabang  perlombaan tetapi ada solidaritas tinggi yang menjadi acuan utama. 


Reporter: Najimah Munira
Editor: Redaksi

 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.